Inilah Jenis Makanan dan Minuman yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di Dunia termasuk Indonesia. Percaya deh, kalau bulan penuh berkah ini ada beberapa orang yang beragama non muslim ikut menantikan datangnya bulan Ramadan.

Tau gak, faktor utamanya adalah makanan, karena ada beberapa makanan yang hanya bisa ditemui selama bulan Ramadan dan biasanya para pedagangnya pun hanya buka khusus di bulan puasa.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia memiliki banyak pilihan makanan yang beragam di setiap daerah. Menjelang bulan Ramadan, ada beberapa makanan yang menjadi primadona. Beberapa makanan ini biasanya tidak bisa kita jumpai sehari-hari, tapi selalu ada dan dinantikan kehadirannya selama bulan Ramadan.

Mulai dari kolak pisang, es timun suri telah menjadi salah satu kuliner yang selalu dikonsumsi saat berbuka puasa. Hidangan tersebut seakan menjadi menu wajib saat puasa Ramadan. Uniknya selain lezat, kolak pisang dan es timun suri juga hanya dapat ditemui di bulan puasa.

Selain kolak dan es, kuliner kali ini sudah disiapkan spesial oleh SUKITA ID mengenai jenis-jenis hidangan lezat yang hanya dapat ditemukan saat bulan puasa Ramadan. Penasaran? Langsung saja yuk kita simak ulasan berikut ini.

Kolak
(Foto: prelo.co.id)

Kolak menjadi salah satu takjil yang wajib ada saat berbuka puasa. Disajikan hangat dengan rasa yang manis lengkap dengan beraneka macam isian, seperti pisang, ubi, pacar cina, candil, mutiara, dan kolang-kaling. Hingga saat ini kolak masih menjadi primadona saat bulan suci Ramadan tiba.

Es Timun Suri

Saat berbuka puasa tiba, hidangan ini wajib tersedia di meja makan apalagi mengonsumsi buah timun suri di percaya dapat menyejukkan tubuh.

Es Blewah
(Foto: prelo.co.i)

Perpaduan antara buah blewah dan sirup membuat es ini dapat menyegarkan dahaga saat berbuka puasa. Tak hanya itu, kuliner satu ini juga mudah ditemukan hampir setiap pinggir jalan.

Kurma
(Foto: infohaji.co.id)

Berbuka puasa dengan kurma seakan sudah menjadi tradisi. Karena berbuka puasa dengan tiga buah kurma juga merupakan ajaran Nabi. Menariknya, meski memiliki warna hitam buah ini kaya dengan sejuta manfaat kesehatan salah satunya mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Sarikayo Minangkabau
(Foto: beniarisandi.blogspot.co.id)

Kuliner yang satu ini terbuat dari telur, sari daun pandan, dan santan yang disantap bersama lemang. Aroma khas daun pandan yang dihasilkan dapat mengunggah selera.

Ketan Bintul
(Foto: beniarisandi.blogspot.co.id)

Jika kamu pernah mampir ke daerah Serang, Banten, berarti kamu sudah tidak asing lagi dengan menu makanan khas Kota banten Ketan Bintul. Ketan Bintul berbahan dasar nasi ketan yang dihaluskan, lalu diberi taburan bumbu serondeng, dan ditemani dengan sepotong daging berkuah gulai. Rasanya juara dijamin kamu gak akan menyesal pernah mencobanya.

Mie Glosor
(Foto: qiresep.com)

Menu yang satu ini merupakan menu andalan khas Bogor. Makanan yang terbuat dari adonan sagu dan kunyit ini sekilas tampak seperti mie kuning biasa. Namun, teksturnya yang lebih kenyal membuat mie ini mudah ditelan saat kamu memakannya.

Sate Susu
(Foto: liputan6.com)

Meskipun Bali terkenal dengan penduduknya yang beragama Hindu, namun di pulau ini terdapat makanan yang wajib diburu saat bulan puasa yaitu Sate Susu. Sate yang terbuat dari daging susu sapi ini menjadi andalan sekaligus makanan musiman yang ada hanya di bulan puasa.

Bongko Kopyor
(Foto: disparbud.gresikkab.go.id)

Hidangan yang menjadi primadona ini berasal dari Gresik, memiliki isian yang beragam seperti nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar yang disiram dengan santan dan gula merah.

Kicak
(Foto: berita649.com)

Kicak adalah kuliner asal Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari beras ketan sebagai bahan dasarnya. Beras ketan yang ditanak selanjutnya dihaluskan menyerupai gemblong. Kemudian setelah halus, ketan dicampur dengan kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai topping.

Pakat
(Foto: flickr.com)

Pakat merupakan makanan khas bulan Ramadan dari Tapanuli yang terbuat dari rotan muda. Rotan muda yang telah dipotong seukuran 1 meter telah mengalami proses pembakaran sekitar 1 jam. Setelah itu, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berawarna putih.

Gulai Siput
(Foto: traveltodayindonesia.com)

Makanan khas Riau ini berbahan dasar siput sawah, yang ditambahkan dengan sayuran seperti pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terung asam. Bukan hanya itu, siput kaya akan gizi, protein, kalsium, karbohidrat, phosphor, vitamin A, vitamin E, dan folat yang mampu memulihkan energimu setelah seharian berpuasa.

Nah, itulah beberapa menu makanan dan minuman khas Ramadan, yang ada hanya di bulan suci Ramadan bukan bulan lainnya. Seperti yang kita ketahui, bulan Ramadan adalah bulan terbaik diantara seribu bulan lainnya. Selamat berpuasa, Marhaban Yaa Ramadhan!

#MenuKhasRamadan
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Jarang Ditemu, Menu Ramadan, Setahun Sekali, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares