Inilah Beberapa Perubahan Warganet Indonesia Selama Bulan Ramadan

Ramadan ternyata membawa perubahan besar untuk kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal penggunaan internet.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan dari sumber-sumber terpercaya, sejumlah perusahaan internet raksasa yang beroperasi di Indonesia pun berbagi insight terkait aktivitas warganet selama bulan puasa, mulai dari Google, Facebook, Lazada, dan Bukalapak telah melakukan survei untuk penelitian ini.

Perusahaan internet raksasa Google, telah merilis hasil penelitiannya pada tanggal 3 Mei 2018 bersama lembaga riset strategis Asian Consumer Intelligence tentang “Tren Penggunaan Layanan Google Selama Ramadan”. Hasil penelitian tersebut, pihak Google mengatakan bahwa secara umum warganet Indonesia lebih sering menggunakan internet saat Ramadan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Kira-kira perubahan perilaku apa saja ya yang telah dilakukan warganet Indonesia selama bulan Ramadan?
(Foto: kumparan.com)
Penelusuran Konten Religius

Sama halnya dengan pernyataan Google, Facebook juga menyatakan peningkatan penggunaan selama bulan Ramadan. Bukan hanya itu, perusahaan marketplace seperti Lazada dan Bukalapak ikut melaporkan perubahan perilaku konsumen, seperti peningkatan buying power serta pergeseran kategori komoditas yang diminati.

Jika dilihat dari sisi durasi, rata-rata waktu pengguna internet melalui perangkat mobile selama lebih dari empat jam setiap hari oleh warganet Indonesia selama bulan Ramadan.

Berbelanja dan Penelusuran Promosi Retail

Penelusuran mengenai promosi jual beli meningkat hingga empat puluh persen ketika bulan Ramadan. Puncak promosi pada umumnya terjadi ketika periode pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Durasi Menonton Video Streaming

Perubahan aktivitas warganet terjadi juga di Youtube. Warganet Indonesia lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan menonton video dari Youtube ketika bulan Ramadan dibanding bulan-bulan lainnya.

Aktivitas Silaturahmi, Halal Bihalal dan Buka Puasa Bersama

Penelusuran mengenai tema makanan juga meningkat dua kali lipat dari bulan-bulan biasanya. Kata kunci dining meningkat hingga dua puluh persen selama Ramadan, seperti yang sering kali digunakan ketika bulan Ramadan “fast food”, “restaurant”, dan “bakery”.

Itulah beberapa perubahan besar yang dialami warganet Indonesia selama bulan Ramadan. Coba saja hal ini dilakukan dibulan-bulan lainnya juga, pasti warganet terutama Indonesia akan selalu berpikiran positif dan tidak banyak nyinyir ya guys, kita doakan semoga saja ya! selamat berpuasa.

#PerubahanPerilakuWarganet
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Perubahan Tingkah Laku, Selama Ramadan, SUpayaKItaTAhu, Warganet Indonesia

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares