Inilah Asal-Usul Adanya Sumur Misterius di Tengah Sungai Prono!

Dunia maya saat ini, sedang digemparkan oleh berita yang menyebutkan adanya sumur dalam sungai di Probolinggo. Peristiwa tersebut juga ramai di perbincangkan masyarakat beberapa hari terakhir.

Sebagian orang menghubungkannya dengan klenik dan menganggapnya sebagai tempat angker dan sumur misterius, mengingat di dekatnya ada area makam. Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan sebenarnya, apa fungsi dari lubang besar tersebut?

Sebuah sumur unik di tengah aliran Sungai Prono (Spillway), berada di Desa Sumber Bulu, Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo. Sumur itu diperkirakan berdiameter sekitar 4 meter, terlihat dari atas menyedot semua air yang mengalir. Namun, tak kunjung terisi penuh dan bukan satu-satunya yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Selain di Sumber Bulu, kamu bisa menemukan bangunan serupa di Kelurahan Sidomukti, Kraksaan dan Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan. Sama-sama peninggalan Belanda yang masih berfungsi dengan baik sampai saat ini.

Probolinggo merupakan kawasan pertanian yang sudah dikembangkan sejak zaman Belanda. Saluran irigasi, termasuk bendungan dibangun besar-besaran sejak tahun 1800-an. Begitu juga dengan Sungai Prono yang dilengkapi dengan sipon. Kalau kamu masih penasaran kamu bisa melihat cuplikan video berikut ini.

“Itu dari saluran pembuangan, gunanya untuk menanggulangi banjir. Semacam limpasan, yang dibuat dari jaman Belanda. Airnya dibuang ke kali yang mengalir ke Desa Sumberagug. Ujungnya berada di sisi utara sekitar 15 meter atau di belakang pemakaman,” kata R Oemar Sjarif, selaku Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR, Kaupaten Probolinggo.

Peristiwa ini pun menjadi viral di media sosial dan membuat banyak orang penasaran akan kebenaran beritanya. Ini karena unggahan video di Facebook yang menyatakan, ada lubang aneh di tengah sungai yang menelan air sungai tanpa diketahui muaranya. Sistem gravitasi pula yang menyebabkan air lancar mengalir tanpa memerlukan pompa lagi.

Nah, sekarang kamu tahu sendiri kan asal-usul adanya sumur dalam Sungai Prono Probolinggo. Dimana ini merupakan hal yang wajar dan jauh dari hal-hal mistis yang ramai diperbincangkan selama ini.

Banyak juga traveler yang datang ke sini untuk melihat langsung fenomena sipon. Bahkan, sebagian dari mereka mengabadikan momen langka ini dengan berfoto. Kamu sendiri gimana? Mulai tertarikkan untuk datang langsung ke Probolinggo?

 Sumber: travelingyuk

#SumurSungaiProno
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , , , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share