Info Kuliner, Cara Praktis Menggoreng Ikan Garing dan Renyah

Apa kalian pernah menggoreng ikan tapi hasilnya lembek dan berminyak? Mungkin ada yang salah dalam proses menggorengnya. Terlihat gampang, tetapi banyak orang yang tak bisa goreng ikan sampai garing renyah.

Menggoreng ikan juga perlu kecermatan, dari bumbu sampai suhu minyak yang dipakai. Idealnya, ikan berukuran sedang yang pas untuk digoreng, seperti ikan kembung, belanak, terisi, ikan mas, atau ikan bawal.

Bagi para pemula yang baru belajar masak atau jarang sekali ke dapur, ikan adalah bahan yang paling dihindari. Padahal kalau kamu tahu cara-caranya menggoreng ikan dengan benar, ikan goreng plus sambal bisa jadi santapan enak.

Sekarang kamu gak perlu bingung lagi jika ingin belajar menggoreng ikan dengan benar. Kuliner hari ini SUKITA ID akan memberikan beberapa cara praktis yang perlu kamu perhatikan dalam menggoreng ikan agar hasilnya garing dan renyah.

Wajan
(Foto : mte3012-nialyahn.blogspot.com)

Kamu bisa memilih wajan anti lengket saat menggoreng ikan tujuannya untuk menghindari ikan menempel lengket pada wajan saat digoreng. Sesuaikan juga ukuran wajan dengan ukuran ikan yang akan kamu goreng. Jika ikan terlalu besar jenisnya, usahakan dipotong terlebih dahulu agar ikan bisa digoreng seluruhnya.

Ikan dan Bumbu
(Foto : ezujusoh.blogspot.com)

Pilihlah ikan yang masih segar, seperti matanya bening, dan sisiknya yang masih kuat melekat dengan aroma laut. Karena ikan akan hancur digoreng  saat kondisinya sudah tidak segar lagi.

Sebelum menggoreng ikan, sebaiknya kamu bersihkan dahulu ikannya, misalnya buang isi perutnya dan kerat-kerat kedua sisi badannya. Tahap selanjutnya, kamu bisa langsung membumbui ikan dengan bawang putih, kunyit, dan garam yang sudah dihaluskan, lalu rendam selama 30 menit.

Minyak Banyak
(Foto : hellosehat.com)

Saat menggoreng ikan sebaiknya kamu jangan pelit minyak. Dalam proses menggoreng kondisi ikan harus terendam minyak sehingga kamu tidak perlu membalik-balik ikan, agar kedua sisi ikan matang dan kering secara bersamaan.

Dengarkan Suara Minyak
(Foto : jogjaupdate.com)

Saat pertama kamu memasukkan ikan ke dalam minyak panas, akan terjadi sedikit percikan minyak. Ini karena ikan mengandung air, suara gemericik minyak akan ‘ramai’ dan terdengar keras. Ketika minyak sudah panas suara gemericik minyak akan berkurang, ini dikarenakan tak ada lagi air di dalam minyak.

Kontrol Besar Api
(Foto : daftarmenarikdanunik.blogspot.com)

Gunakan selalu api sedang saat ikan sudah masuk ke dalam wajan. Kecilkan api jika ikan sudah hampir kering, bolak-balik ikan sampai kedua sisi terlihat cukup kering dan garing.

Catatan : Jangan terlalu kering menggoreng ikan, untuk menghindari tekstur ikan jadi keras dan menghindari rasa pahit bumbu ikan karena gosong.

Sumber : detik

#CaraGorengIkan
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Cara Memasak, Gurih dan Renyah, Ikan Goreng, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares