Hari Trasmigrasi – Bukti Nyata Kurangi Kepadatan Penduduk Dengan Berhijrah

Hari Trasmigrasi Bukti Nyata Kurangi Kepadatan Penduduk

SUKITA ID punya info menarik nih buat kamu semua. Kira-kira info menarik apalagi sih? Penasaran nungguin ya? heemm kalo gitu kita simak yuk pembahasannya.

Ternyata setiap tanggal 12 Desember itu diperingati  sebagai Hari Transmigrasi Nasional looh. Bahkan transmigrasi dapat diartikan sebagai suatu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari kota menuju desa. Dan penduduk yang melakukan transmigrasi inilah yang disebut dengan transmigran.

Maksud dari program ini untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa. Memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, serta memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya yang ada seperti di daerah Papua, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Pembangunan transmigrasi sendiri bagian dari pembangunan nasional. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai usaha untuk mempercepat pembangunan, terutama di kawasan yang masih terisolasi atau tertinggal.

Program ini sudah lama ada tapi realisasinya masih minim tuh. Masih aja kepadatan penduduk terbesar ada di pulau Jawa tepatnya di Ibukota Jakarta. Seharusnya ini menjadi prioritas utama untuk pemerintah. Ya seperti yang terjadi saat ini Jakarta sebagai pusat ekonomi sekaligus Ibukota negara mengalami kepadatan penduduk yang signifikan setiap tahunnya. Dan yang di daerah mengalami kesenjangan bahkan jauh dari perhatian pemerintah pusat.

Jika dibiarkan banyak daerah yang tertinggal di Indonesia, dampaknya adalah terjadi ketidakmerataan dalam bidang ekonomi, sosial dan pendidikan.

Mari kita pergi transmigrasi, demi membagi rata kepadatan penduduk di negara ini!

#HariTransmigrasi
#SUpayaKItaTAhu

Tag: ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Comments

    • Irkham
    • Desember 12, 2017
    Balas

    Ternyata Hari Transmigrasi Nasional bentrok dengan Harbolnas yaa. Jadi bingung, mau pergi transmigrasi untuk mengurangi kepadatan penduduk atau malah mau belanja untuk mengurangi isi dompet! hhmm…..hihihi….anyway, thanks a lot buat informasinya. Kalau bukan karena SUKIDA ID, saya yakin saya tidak tahu kalau hari ini ternyata Hari Transmigrasi Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares