Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia – Sepak Terjang KPK di Indonesia

Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia Sepak Terjang KPK di Indonesia

Kira-kira kamu tau gak nih kapan dan tanggal berapa Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati? Menurut penelusuran SUKITA ID Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Berdasarkan sejarahnya pada tanggal 9 Desember PBB menyetujui sebuah Konvensi Anti Korupsi (United Nations Convention Corruption) di Meksiko.

Dalam arti yang luas, korupsi disebut dengan penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Karna prakteknya semua bentuk pemerintah rentan untuk melakukan korupsi.

Perjalanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia tidak selancar jalan tol. Begitu banyak kader partai yang ingin melemahkan KPK karna menganggap KPK sebagai penghalang. Mungkin penghalang bagi koruptor kali ya, bisa aja ya yang ingin melemahkan KPK.

KPK sendiri berdiri bulan Desember 2003 di atas amanat Undang-Undang (UU) No. 30 Tahun 2002. Alasannya karna semakin merebaknya korupsi di negri ini.

Hingga kini, sudah 14 tahun lamanya KPK berdiri, banyak kasus besar yang mampu diusut tuntas oleh KPK. Mulai dari skandal BLBI hingga Century. Bila kita lihat sejarah perjalanan KPK di Indonesia sejak berdiri sampai saat ini, kondisinya sudah dilemahkan oleh penguasa. Masyarakat pun tertipu oleh citra palsu penggiringan opini yang menyesatkan.

Yang terakhir ini adalah kasus penangkapan KPK terhadap Setya Novanto Ketua DPR RI. Seolah rakyat dipertontonkan drama panjang yang dimainkan oleh Setya Novanto. Kita semua pasti ingin kasus ini segera selesai sehingga KPK bisa tetap mempertahankan nama baiknya di masyarakat.

Akhirnya, rakyat yang menjadi pembela KPK ikut menjadi korban opini sesat yang dihembuskan penguasa dan pihak-pihak berkepentingan. Kita semua seakan-akan dibutakan dan dibodohi oleh opini yang dibangun atas dasar kepentingan politik dan kekuasaan.

#HariPemberantasanKorupsi
#SUpayaKItaTAhu

 

Tags: Hari Pemberantasan Korupsi, Save KPK, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share