Hari Dongeng Nasional – Wujud Pelestarian Dongeng Nasional

Hari Dongeng Nasional Wujud Pelestarian Dongeng Nasional

Dongeng bukan hanya cerita pengantar tidur untuk anak-anak. Dongeng memiliki banyak manfaat mendidik anak dalam mengajarkan nilai moral, budaya, dan meningkatkan daya imajinasi si kecil.

Tepat hari ini 28 November 2017 kita memperingati Hari Dongeng Nasional.  Tanggal ini dipilih karena merupakan hari kelahiran bapak dongeng nasional Indonesia, Drs Suryadi atau lebih akrab disapa Pak Raden.

Pria yang wafat pada tanggal 30 Oktober 2015 itu merupakan salah satu pendongeng paling tersohor di Tanah Air lewat perannya sebagai Pak Raden di cerita Si Unyil.

Bicara soal dongeng, ada Forum Dongeng Nasional (FDN) yang bertujuan sebagai tempat berkumpulnya para pendongeng profesional, penggiat dongeng, dan pihak-pihak yang punya perhatian dalam pelestarian khasanah dongeng di Indonesia.

Dalam visinya kedepan, FDN juga punya perhatian khusus dalam mendukung program pedagogik serta pendidikan anak-anak Indonesia melalui dongeng. Semoga dengan adanya FDN ini bisa menjembatani dan mempertahankan keaslian dongeng-dongeng di Indonesia yang perlahan mulai luntur keberadaannya.

Setiap peringatan Hari Dongeng Nasional, FDN juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif untuk anak-anak. Misalnya, mendongeng serentak di lingkungan masing-masing baik itu keluarga, komunitas pengajaran, taman baca, lembaga pendidikan, dan lainnya. Tujuannya untuk bersama-sama melestarikan semangat “mendongeng”.

Secara ya, dongeng di Indonesia itu banyak sekali dan ceritanya unik-unik lagi seperti Keong Mas, Cermin di Dinding, Istana Pasir, Asal-Usul Danau Toba, Sang Bangau, Si Unyil, Si Kancil, Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, dan masih banyak lagi.

Tugas kita sebagai generasi muda ikut andil dalam pelestarian dongeng-dongeng nasional. Contohnya, kita ikut membagikan cerita dongeng-dongeng nasional ke adik kita yang masih kecil, keponakan, sepupu, atau anak kita nantinya. Karena mereka berhak tau tentang cerita legenda dongeng nasional Indonesia.

#HariDongengNasional
#SUpayaKItaTAhu

Tag: ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Comments

    • Irkham
    • November 28, 2017
    Balas

    Kalau bukan karena info dari SUKITA ID, mungkin saya gak akan pernah tahu kalau Indonesia punya “Hari Dongeng Nasional” yg jatuh di tgl 28 November”. What a useful information!. Thanks a lot SUKITA ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares