Hari Brigade Mobil (Brimob) – Tangguhnya Pasukan Khusus POLRI

Hari Brigade Mobil (Brimob) Tangguhnya Pasukan Khusus POLRI

Kamu pasti pernah denger nama Brimob kan? Jangan salah loh ya Brimob itu termasuk jajaran POLRI bukan Militer. Kamu pasti juga gak tau kan kalo hari ini diperingati sebagai Hari Brimob Nasional? SUKITA ID update lagi nih mengenai hari-hari besar nasional. Bahas yukk biar makin banyak tahu.

Korps Brimob merupakan salah satu unit (Korps) tertua dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian di Indonesia pada tahun 1945. Dan Brimob termasuk satuan elit (pasukan khusus) dalam jajaran POLRI looh. Hebat bukan.

Pertama kalinya nama Brimob itu adalah Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Mulanya pasukan ini diberikan tugas untuk melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota.

Kemudian tanggal 14 November 1945 Perdana Mentri Sutan Sjahrir membentuk Mobil Brigade (Mobrig) sebagai ganti nama Pasukan Polisi Istimewa. Dikarenakan menjadi rebutan antara polisi dan militer 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah lagi menjadi Korps Brigade (Korps Brimob). Nah mulai dari sinilah setiap tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Brimob.

Karena Brimob adalah pasukan khusus jadi memiliki tugas khusus juga. Tugas khusus Brimob adalah menanggulangi situasi darurat, membantu tugas kepolisian wilayah dan menangani kejahatan tingkat intensitas tinggi, menggunakan senjata api dan bahan peledak, situasi pertolongan pada Bencana Alam (SAR), pertempuran jarak dekat (dalam kota) dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mako Korps Brimob  terletak di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, sama seperti  Satuan I Gegana dan Satuan III Pelopor yang juga terletak di Kelapa Dua, Depok. Sedangkan Satuan II Pelopor terletak di Kedung Halang Bogor.

Menurut kalian gimana berat bukan tugas-tugas utama dari Brimob. Semoga Brimob selalu ada ya di negara ini untuk melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumber: polisi.com

#HariBrimobNasional
#SUpayaKItaTAhu

 

Tags: Hari Brigade Mobil Nasional, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares