Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia – Peran Penting Pohon Bagi Makhluk Hidup di Dunia

Kamu pasti tau kan? Kalau hari ini dirayakan sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia. Kamu pernah gak sih berfikir seandainya gak ada pohon apa jadinya sih dunia ini?

Nah, mulai saat ini ubahlah mindset kita, untuk lebih peduli dan merawat keberadaan pohon yang ada di lingkungan sekitar. Karena hari ini Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia, SUKITA ID mau memberikan informasi selengkapnya nih, yuk simak.

Tepat hari ini, 10 Januari  masyarakat dunia memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia. Meski tidak ada begitu banyak perayaan yang digelar, namun penting bagi kita semua untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat bagi semua makhluk hidup di dunia ini.

Seperti yang kita ketahui,  pohon dapat mengurangi kadar C02 di udara dan dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah. Bahkan, pohon batang yang hidup dengan juntaian daun hijau, memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, dan telah menjadi komponen alam penting bagi kehidupan manusia dan hewan.

Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap oleh tanah. Bahkan tegakkan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah  yang berujung pada kesejahteraan manusia.

Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan mengenai kelestarian pohon melalui gerakan Satu Miliar Pohon.

Begitu pentingnya arti pohon, yang berfungsi sebagai :

  • Menjaga kestabilan iklim.
  • Rumah untuk banyak hewan.
  • Memproduksi makanan.
  • Bahan bakar terbarukan.
  • Mencegah banjir dan erosi lainnya.

#SelamatHariGerakanSatuJutaPohon
#SUpayaKItaTAhu

Tag: ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares