Fenomena Langka, Adanya Lapisan Es di Gunung Semeru!

Fenomena langka dan tidak biasa terjadi di jalur menuju puncak Gunung Semeru atau Mehemeru. Lapisan es seperti salju ditemukan di beberapa titik Mahameru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur.

Seperti yang dilansir SUKITA ID dari beberapa sumber, lapisan es seperti salju ditemukan di sejumlah titik di blok puncak bayangan, beberapa meter sebelum menggapai puncak Gunung Semeru atau Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).
(Foto: liputan6.com)

Penampakan salju menyerupai jejak para pendaki. Menggumpal dan tersebar di celah bebatuan. Pasalnya, lokasi ditemukannya salju sudah berada di atas batas vegetasi, bahkan sudah mendekati puncak.

Polisi Hutan (Polhut) pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yang menemukan fenomena alam langka itu, memperkirakan cuaca saat itu mencapai 0 derajat atau bahkan minus derajat Celcius, sehingga memunculkan salju.

“Jika musim kemarau dan kering muncul di beberapa titik frozen (salju) itu. Waktu ditemukan, Rabu (11 April 2018) memang sedang ekstrim cuacanya (di Gunung Semeru),” ucap dia.

Lapisan es langka muncul di Mahameru atau Puncak Gunung Semeru (Mahameru), Jawa Timur. Para pendaki diimbau agar berhati-hati.

“Imbauan seperti biasa, menjaga selalu kesehatan dan membawa perlengkapan sesuai standar pendakian, serta bila fisik/kesehatan tidak memungkinkan tidak boleh dipaksakkan melakukan pendakian,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie lewat pesan singkat, Sabtu (14/4/2018).

John membenarkan fenomena lapisan e situ baru pertama kali ditemukan di kawasan puncak Gunung Semeru. Lapisan e situ diduga muncul akibat cuaca dingin di Puncak Gunung Semeru sekitar -10°C.

Soal suhu udara ini, John menyebut -10°C tidak terlalu sering terjadi. Perubahan cuaca ini terjadi ketika mendekati kemarau.

Sebelumnya diberitakan, lapisan es muncul dengan ketebalan ± 2 cm di Puncak Gunung Semeru. Lapisan itu dapat ditemukan disela-sela bebatuan jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Kemeterian LHK menyebut peristiwa itu belum pernah dijumpai di kawasan puncak gunung. Selama ini lapisan es hanya dijumpai di Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo. Peristiwa ini pun dianggap sebagai kejadian yang unik. Sebab, tak biasanya lapisan es muncul di kala musim pancaroba.

Sebagai informasi Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian Puncak Mahameru yang pernah tercatat adalah 3.676 Mdpl.

Sumber : liputan6

#FenomenaAlam
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Fenomena Langka, Gunung Semeru, Lapisan Es, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares