Bukan Bogor atau Malang, Inilah Kota Terdingin di Indonesia

Bukan Bogor atau Malang, Inilah Kota Terdingin di Indonesia

Ternyata, meskipun Indonesia beriklmin tropis, negara ini juga memiliki daerah yang bersuhu rendah loh. Seperti yang di lansir oleh SUKITA ID dari berbagai sumber, kota tersebut ialah Distrik Mulia atau Kota Mulia.

Kota yang menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua ini memiliki daratan seluas 883 km persegi. Kota ini juga memiliki jumlah penduduk sekitar 24.649 jiwa.

Wilayah ini menjadi kawasan permukiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran berada di ketinggian 2.448 mdpl. Suhu normal pada siang hari mencapai 15-20 derajat celcius, sementara pada malam hari suhunya bisa 9 derajat celcius. Karena jaraknya tidak begitu jauh dengan Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini mencapai titik beku. Tak salah kalau Distrik Mulia ini menjadi Kota terdingin di Indonesia.

[ Baca Juga: Keren, Indonesia Urutan ke-4 Sebagai Negara Paling ‘Instagramable’ di Dunia Tahun 2019 ]

Jika kamu ingin menikmati suhu yang paling dingin di Indonesia, kamu dapat tempuh perjalanan selama satu jam dari kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis caravan yang hanya memuat sembilan penumpang. Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan jalur darat untuk menuju ke Distrik Mulia dengan jarak tempuh selama 16 jam. Tantangannya, perjalanan jalur darat ini harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Bahkan, melewati pegunungan yang berbukit dengan jurang curam yang tinggi di sisi kiri atau kanan.

Bukan Bogor atau Malang, Inilah Kota Terdingin di Indonesia
(Foto: google.co.id)

Meski berada di lembah gunung, pembangunan di kota ini sudah mengalami perkembangan. Misalnya, jalan raya di daerah ini sudah dilapisi aspal, fasilitas publik mualai terlengkapi seperti rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, tempat olahraga, dan Distrik Mulia juga sudah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai sumber listrik disana.

Tertarikkan untuk kesana? Oiya jangan lupa ya bawa baju hangat jika kamu ingin kesini, antisipasi agar kamu tidak kedinginan disana.

#DesaTerdinginIndonesia
#SUpayaKItaTAhu

Tags: DesaTerdinginIndonesia, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 shares