Bakpia Ini Terkenal Sebagai Bakpia Legendaris dan Kekinian di Jogja

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa membeli bakpia sebagai oleh-oleh sanak saudara, dan teman-teman. Selain gudeg, makanan khas Jogja yang paling terkenal karena kelembutan rasanya adalah bakpia Jogja. Berbagai jenis bakpia ada di sana mulai dari yang legendaris sampai yang kekinian.

Umumnya, bakpia memiliki bentuk bulat pipih ini berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya kue pia kacang hijau. Terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, dibalut dengan kluit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Namun kini bentuk dan isian yang ditawarkan semakin beragam.

Semenjak diperkenalkan di Yogyakarta, bakpia mulai diproduksi di kampong Pathuk, sekitar tahun 1948, sehingga disebut dengan bakpia pathuk. Saat itu, bakpia masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label. Peminatnya pun masih sangat terbatas.

Pada tahun 1980 mulai tampil bakpia kemasan barudengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang berbeda. Hingga mencapai kepopuleran pada tahun 1992.

Dengan populernya bakpia sebagai oleh-oleh, tentu kamu akan semakin mudah menemukan gerai bakpia dimana-mana. Tapi sayangnya, hal inilah yang akan membuatmu sulit menemukan bakpia mana yang paling enak?

Karena semuanya beragam jenis mulai dari bakpia kering, bakpia basah, bakpia isian premium, bahkan bakpia modern. Nah, kali ini SUKITA ID mau memberikan beberapa rekomendasi bakpia-bakpia terkenal enaknya di seputaran Jogja, penasaran?  Langsung saja yuk kita simak informasi bakpia-bakpia kekinian dan paling enak yang bisa kamu singgahi!

Bakpia Pathok 25
(Foto: bakpiapathok25.com)

Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu bakpia melegenda dari Jogja yang berasal dari daerah Pathok (Pathuk). Ini merupakan bisnis keluarga yang sekarang diteruskan oleh generasi penerusnya yaitu Bp. Arlen Sanjaya.

Bakpia ini menghadirkan beberapa varian rasa, seperti kacang ijo, nanas, cokelat, keju, durian, kumbu hitam, dan aneka rasa. Untuk isi bakpia 15 buah dijual seharga Rp 70.000 dan yang berisi 20 buah dijual seharga Rp 80.000.

Keberadaan Bakpia Pathok 25 ini tidak terlalu jauh dari Malioboro dan bisa diraih dengan menggunakan becak. Alamatnya berada di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Bandara Jaya Jl. Laksada Adisucipto KM.9, dan Pasar Pathok Kios Pasar Pathok 14-18. Telepon 0274-561-551.

Bakpia Kurnia Sari
(Foto: tripjogja.co.id)

Bakpia Kurnia Sari memang terbilang sebagai pendatang baru di dunia perdagangan bakpia Jogja. Jika dibandingkan dengan bakpia lain, kiprahnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Ciri khas dari Bakpia Krnia Sari adalah kulitnya yang tipis, lembut, diameter bakpia yang lebih esar, isi bakpia yang lebih padat, dan pilihan rasa yang bervariasi.

Seperti apa sih varian rasa yang ada pada Bakpia Kurnia Sari? Bakpia ini terkenal memiliki rasa keju, kacang ijo, coklat, green tea, susu, kopi, tiramisu, dan durian. Meski tanpa bahan pengawet, Bakpia Kurnia Sari mampu bertahan sampai 3 minggu di dalam kulkas. Alamat nya berada di Jl. Glagah Sari, No. 97C, Jl. Glagah Sari, No. 112, Ruko Permai Pogun Lor, No. 6, Jl. Ringroad Utara, Telepon 0274 – 830 – 502/030/729. Dan harganya mulai dari Rp 44.000 – Rp 54.000

Bakpia Citra Premium
(Foto: timlo.info)

Jika kamu menginginkan bakpia Jogja yang renyah dan memiliki varian rasa berbeda dalam satu kotak, Bakpia Citra Premiumlah jawabannya. Sama seperti Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium memiliki varian rasa seperti original, kacang ijo, coklat, kumbu hitam, durian, dan rasa susu. Alamat toko ada di Jl. Pandean 2, Gg Legi, No 20, Condongcatur, Jl. Mataram. Telepon 0274 – 825 – 1779, serta harganya mulai dari Rp 45.000 – Rp 57.000

Bakpiapia
(Foto: info-jogja.com/2014/10/bakpiapia-djogja.html)

Bakpia yang satu ini dilihat dari segi bentuknya memang sangat berbeda dari bakpia lainnya. Tak heran jika isian rasa yang ditawarka juga sangat beragam seperti blueberry cheese, pisang keju, janggut naga ( bakpia isi abon sapi), dan lainnya. Tokonya tersebar dibeberapa tempat diantaranya Jl. Kaliurang KM 5,2, Jl. Cendrawasih, Komp Colombo, No. 4, Jl. Dagen No. 7, Ruko Bayeman Permai No. 4, dan Ambarukmo Plaza Jogja.

Bakpia Salakka
(Foto: twitter.com/salakkajogja)

Bakpia Salakka menawarkan varian rasa yang anti mainstream, dengan isian rasa berbahan dasar buah salak. Selain bakpia salak, kamu juga bisa menikmati olahan produk berbahan dasar buah salak pondoh lainnya seperti cake, brownies, cookies, kripik, minuman ringan, dan masih banyak lagi. Dan took ini berada di Jl. Palagan TP KM 8,5, Sleman, Jogja.

Omahe Bakpia
(Foto: omahebakpia.com/sejarah-bakpia-jogja/)

Omahe Bakpia menyediakan  aneka produk bakpia unyil dan bakpia vakum (mampu bertahan sampai tiga bulan), dengan isian rasa kacang ijo, ubi madu, peuyeum, nangka, bakpia telo ubi ungu, dan bakpia lumer durian. Berdiri sejak 2009 dan letaknya berada di Jl. Mangunegaran Kidul, No 18, Jogja.

Bakpia Patuk 75
(Foto: tribunnews.com)

Bakpia Patuk 75 berdiri sejak tahun 1948 oleh Yung Yen, dan ini termasuk bakpia legendaris di Kota Jogja. Nama bakpia 75 merupaka nomor rumahnya yang berada di daerah Pathuk. Bakpia Patuk 75 cukup tahan lama sekitar dua minggu untuk bakpia basah, dan satu bulan untuk bakpia kering.

Soal rasa Bakpia Patuk 75 ini gak kalah dengan bakia modern lainya, seperti rasa coklat, varian buah-buahan, dan cappuccino. Dan menariknya, Bakpia Patuk 75 sudah mengantongi sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia. Yang membedakan bakpia Patuk 75 denga bakpia lainnya adalah kulitnya yang lembut dan tidak pecah teksturnya. Untuk alamat pabrik ada di Jl. KS. Tubun, No. 75, dan alamat toko Jl. HOS. Cokrominoto, No. 119, Jl. Magelang, KM 4,5. Telepon 0274 – 588 – 036, dibanderol dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000.

Bakpia Merlino
(Foto: elevenia.co.id/prd-bakpia-merlino-kc-hijau-isi-20-6352476)

Awalnya toko Merlino merupakan toko bakery yang kemudian mencoba membuat bakpia. Bakpia Merlino tergolong sebagai pendatang baru di dunia bakpia pada tahun 2000an. Tetapi, rasa Bakpia Merlino ini boleh diadu dengan rasa bakpia lainnya.

Dua rasa favorit seperti perpaduan rasa cappuccino dan green tea yang dijual seharga Rp 35.000 per kotak. Selain itu, terdapat pula perpaduan rasa ubi ungu, kacang ijo, coklat, susu, keju, kumbu hitam, dan durian. Alamat Jl. R. E. Martadinata, Blok B, No. 24, Pakuncen, Wirobrajan, dan Jl. Pakuningrat, No. 55.

Itulah beberapa bakpia terkenal dari jaman old sampai jaman now. Kalo kamu akan memilih bakpia yang mana nih buat oleh-oleh dan camilan santai di rumah.

#BakpiaJogja
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares