6 Jenis Makanan Pilihan yang Wajib Dikonsumsi Para Atlet

Ajang Asian Games 2018 menjadi perhatian penting bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk para atlet nasional yang ikut dalam kompetisi tersebut. Bukan hanya latihan rutin yang dibutuhkan para atlet untuk menjaga performa prima, menjaga pola makan sehat juga menjadi tanggung jawab penting yang harus mereka laksanakan.

Berdasarkan informasi yang SUKITA ID dapatkan, asupan gizi dalam makanan yang mereka konsumsi sangatlah menentukan kondisi tubuh saat bertanding dan latihan. Misalnya bagi atlet renang yang akan tampil di kejuaraan internasional, asupan gizi yang mereka perlukan harus dipastikan cukup, terutama saat sesi latihan, karena mereka akan mengikuti beberapa sesi latihan, dan dalam setiap sesi latihan tersebut mereka harus berenang antara empat sampai delapan kilometer per sesi.

Makanan yang mereka makan harus mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh antioksidan, agen anti-inglamasi, dan anti-kanker untuk meningkatkan kinerja atletik.
(Foto : bugaraga.com)

Seperti ungkapan “Diri Anda adalah Apa yang Anda Makan” harus menjadi pegangan bagi semua orang terutama, atlet. Selain mampu memberi efek pada kekuatan, pilihan makanan juga akan berdampak pada kesehatan. Karena pilihan makanan bagi seorang atlet sangat menentukan prestasi mereka di lapangan.

Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, para atlet pun percaya diri tampil fit dan bugar. Nah, kuliner hari ini SUKITA ID akan membahas mengenai makanan-makanan yang wajib dimakan oleh para atlet-atlet nasional maupun internasional. Seperti apa? Yuk kita simak ulasan berikut ini.
(Foto : volleyballgameinfo.blogspot.com)
Yogurt Tanpa Lemak

Yogurt mengandung kultur bakteru aktif yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri buruk. Yogurt juga dipercaya mampu mengurangi risiko osteoporosis.

Blueberi

Blueberi adalah sumber karbohidrat dan serat alami yang membantu mempertahankan energi untuk memaksimalkan kinerja.

Salmon

Salmon mengandung banyak protein, besi, dan vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang penting untuk kinerja atletik yang optimal.

Susu Cokelat

Susu cokelat dipercaya mengandung profil asam amino yang sama sebagai minuman protein komersial selain rasio 4:1 karbohidrat terhadap protein, yang telah terbukti menjadi rasio ideal dalam penelitian ilmiah untuk meningkatkan glikogen dan pemulihan otot.

Bayam

Selain mengandung sinergi nutrisi dan fitonutrien untuk kesehatan, bayam juga mengandung karotenoid seperti beta-karoten dan zeaxanthin, CoQ10, anti oksidan, dan glutathione. Jenis makanan yang mengandung banyak mineral, untuk membantu para atlet mentolerir stress yang mungkin akan terjadi selama proses latihan.

Telur

Telur mengandung berbagai nutrisi B12, riboflavin, selenium, fosfor, dan protein. Jenis makanan yang mengandung protein juga diperlukan untuk merangsang perbaikan dan rekondisi serat-serat otot.

Makan-makanan yang tepat juga dapat mempengaruhi kecepatan para atlet dalam berlomba. Peraturan ini berlaku untuk semua atlet, yang paling penting adalah jangan sampai para atlet mengalami dehidrasi. Biasanya dehidrasi akan terjadi ketika venue atau tempat bertanding sangat panas.

Itulah 6 jenis makanan yang wajib dikonsumsi para atlet demi menjaga keseimbangan tubuh, konsentrasi, dan faktor kebugaran yang mampu menentukan prestasi.

Sumber : kompas, bolalob

#MakananAtlet
#SUpayaKItaTAhu

Tags: 6 Jenis Makanan, Asian Games 2018, Atlet Nasional, Info Kuliner, SUpayaKItaTAhu, Tampil Prima

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share