5 Destinasi Wisata Ibukota yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi dan Instagramable

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta menjadi salah satu magnet tersendiri untuk dikunjungi oleh para traveler. Di Kota metropolitan ini, kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit saja, namun kamu juga bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit, namun kamu juga bisa menikmati ragam wisata yang ada.

Meski demikian, banyak tempat wisata dengan nilai sejarah yang begitu hebat di Jakarta yang menarik untuk dieksplorasi. Kota terbesar di Indonesia ini selalu sibuk, dapat dikatakan pula sebagai kota yang tak pernah tidur. Mungkin kamu pernah mengunjungi kota yang terkenal dengan kemacetannya ini.

Lalu, apa yang kamu lakukan ketika berkunjung ke sana? Apakah dalam rangka kunjungan kerja atau sekedar berwisata?

Terlepas dari kepadatan penduduk di kota ini, Jakarta tetap kota dengan penuh sejarah perjuangan Bangsa Indonesa. Mari kita lihat, tempat wisata seperti apa yang bisa kamu kunjungi ketika menginjakkan kaki ke Jakarta Pusat.

Selain bersejarah, bangunan bersejarah ini pun terkenal sebagai destinasi yang murah dan mempunyai spot yang Instagramable banget. Jadi, kamu gak perlu takut isi dompet akan terkuras dan tentunya masih tetap bisa mengabadikan momen dengan background yang ciamik. Penasaran dengan destinasi wisata tersebut? Travel kali ini SUKITA ID akan mengulas informasi tentang wisata bangunan bersejarah di Jakarta yang Instagramable.

Galangan VOC
(Foto : jakarta-tourism.go.id)

Galangan VOC masih ada di Kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa. Sempat tersiar kabar, jika Galangan VOC ingin dirubuhkan namun, rencana tersebut tidak terlaksana karena bangunan ini merupakan cagar budaya Ibukota. Kabar terbarunya, bangunan ini sekarang jadi restoran, loh kok bisa ya?

Gedung Arsip Nasional
(Foto : situsbudaya.id)

Gedung Arsip Nasional dibangun pada tahun 1760 oleh Reiner de Klerk (1710 – 1750), selain sebagai arsitek gedung Reiner de Klerk juga tercatat sebagai gubernur jenderal VOC pada tahun 1777. Awalnya sebelum dijadikan museum, gedung ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan Reyner de Klerk.

Dengan interior dan benda-benda antik di dalamnya, Gedung Arsip Nasional patut menjadi cagar budaya sejarah Indonesia. Dan tentunya, buat kamu yang hobi foto-foto bergaya old & vintage, gedung ini merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata bangunan bersejarah yang wajib kamu kunjungi.

Museum Fatahillah
(Foto : hipwee.com)

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta merupakan sebuah museum yang terletak di Kawasan Kota Tua Jakarta. Gedung ini awalnya adalah balai kota Batavia pada tahun 1707-1712. Museum ini terdiri atas bangunan utama dan beberapa bagian lainnya yang memiliki fungsi masing-masing pada masanya.

Bukan hanya itu, di sini kamu jua bisa menemukan banyak spot foto terbaik yang bertemakan old & vintage. Jadi, kece banget deh guys untuk foto prewedding, buku tahunan, atau foto selfie.

Museum Bahari
(Foto : indonesiakaya.com)

Museum Bahari menyimpan sekitar 126 koleksi benda-benda sejarah kelautan. Terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, foto-foto dan biota laut lainnya.

Buat kamu yang tertarik dengan wisata bahari, sepertinya kamu wajid deh datang ke sini untuk mengenal sejarah bahari nasional. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah kamu bisa berfoto ria dengan banyaknya spot yang Instagramable.

Pelabuhan Sunda Kelapa
(Foto : 99.co)

Pelabuhan Sunda Kelapa memang menjadi daya tarik utama para traveler yang mengunjungi Kawasan Kota Tua Jakarta. Selain dapat mengambil foto dengan background laut maupun kapal-kapal yang bersandar, kamu juga bisa melihat aktivitas dan kegiatan nelayan sekitar yang sedang giat bekerja.

Oiya, bagi kamu yang hobi photography, jika kamu pintar mengambil angle foto, di sana banyak loh foto-foto menarik mulai dari suasana pantai utara Jawa dan kapal pinisi.

#WisataSejarahJakarta
#SUpayaKItaTAhu

Tags: HUT DKI Jakarta, Museum Sejarah, SUpayaKItaTAhu, Wisata Jakarta

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares