10 Produk Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia

10 Produk Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia

Kamu pasti gak nyangka bahwa makanan dan minuman yang biasa kamu konsumsi sehari-hari ternyata buatan Indonesia. Padahal, dari segi iklan merek makanan dan minuman tersebut iklannya menggunakan jasa orang asing.

Ternyata, hal tersebut mereka lakukan agar sukses mempromosikan produk-produk mereka baik di Indonesia maupun mancanegara. Seperti yang dilansir oleh SUKITA ID dari berbagai sumber. Berikut 10 merek makanan dan minuman Indonesia yang sukses di ekspor ke beberapa negara.

Kopiko
(Foto: google.co.id)

“Kopiko Nomor Satu di Dunia”. Ternyata itu bukan sekedar iklan belaka, memang sudah ada di dunia nyata bahwa permen yang diproduksi PT Mauora ini sudah tembus pasar mancanegara. Dan terbukti, Kopiko sudah mampu menguasai pasar di 50 negara dunia seperti Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Meksiko, Arab Saudi, Polandia, hingga Afrika Selatan.

Kopiko bisa menjadi nomor satu, karena Kopiko berasal dari ekstrak biji kopi asli dan memang rasa permennya yang berbeda dengan permen kopi lainnya.

Silver Queen
(Foto: google.co.id)

Tak sedikit yang mengira bahwa coklat tersebut adalah buatan Eropa padahal nyatanya produk ini asli Indonesia loh sejak tahun 1950. Di bawah naungan PT. Petra Food ini ternyata tak kalah dengan coklat buatan luar negeri seperti M&M, Lotte, Kit-Kat, Cadburry, dan Toblerone.

Dengan konsep iklan yang didesain seperti iklan luar negeri berhasil membuat Silver Queen menjadi coklat nomor satu di tanah air yang menguasai 60% pasar coklat bermerek Indonesia. Tak sampai disitu, Silver Queen telah sukses di 17 negara seperti Amerika, Filipina, Singapura, dan masih banyak lagi.

Kacang Dua Kelinci
(Foto: google.co.id)

PT. Dua Kelinci sudah ada sejak 1972, kini sudah 35 tahun produsen kacang tersebut berkiprah di tanah air. Siapa sangka niatan awalnya hanya untuk membantu para petani agar bisa melindungi hasil panennya berupa kacang.

Produk yang dihasilkan bukan hanya kacang gurih namun juga kacang dengan berbagai rasa seperti kacang bersalut tepung atau bumbu dan berbagai jenis makanan lainnya.

Sejak tahun 2011 kacang Dua Kelinci sudah menorehkan prestasi yakni sebagai sponsor resmi klub sepak bola dan menempatkan Dua Kelinci menjadi salah satu produsen makanan terintegrasi di Indonesia.

Kini kacang Dua Kelinci telah menembus pasar internasional seperti Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, China, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Eropa.

Mariza Food
(Foto: google.co.id)

Telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 1973 dan didirikan oleh Jamatama dan Enggawati. Awalnya hanya memproduksi selai srikaya dan tak lama kemudian dikembangkan menjadi selai coklat dan kacang.

Tiga tahun kemudian, di tahun 1976 Mariza memproduksi kue lapis legit yang bisa awet hingga setahun. Sehingga menjadikan Mariza perusahaan pertama di dunia yang mengekspor kue lapis legit ke berbagai negara di dunia.

Tak hanya lapis legit ternyata selai, sirop, dan topping juga sudah di pasarkan ke beberapa negara seperti kawasan Asia Tenggara, Australia, China, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Dan kini Mariza telah memiliki standar hingga level internasional.

La Fonte
10 Produk Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia
(Foto: bogasari.com)

La Fonte yang berada di bawah naungan PT. Bogasari berdiri sejak 18 Desember 1991 dan termasuk merek pasta asli Indonesia bukan Italia apalagi Paris ya. Bahkan, La Fonte sudah mampu menembus pasar mancanegara seperti Filipina, Korea, Hongkong, Thailand, dan Malaysia.

Kini La Fonte telah memasarkan produknya lebih dari 20 negara seperti Asia, Filipina, Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Hongkong, RRC, Vietnam, Brunei, Papua New Guinea, Bahrain, Kuwait, Uni Emiret Arab, Nigeria, dan Zambia.

Indomie
(Foto: google.co.id)

Merek yang satu ini tentunya sudah tak diragukan lagi. Hampir semua orang Indonesia mengenalinya apalagi anak kos-kosan. Namun siapa sangka jika Indomie di Indonesia seharga Rp 2.000. Tetapi, di sejumlah negara makanan ini termasuk makanan mahal loh sebut saja Jepang harganya mencapai Rp 13.000, Korea Selatan Rp 11.000, Amerika Serikat Rp 9.000, Kanada Rp 10.000 dan Inggris Rp 7.000.

Indonesia ekspor ke luar negeri sejak tahun 1992 saat itu pasarannya adalah negara-negara yang banyak tenaga kerja Indonesianya seperti Hongkong, Taiwan, dan Arab Saudi. Kini Indomie yang digawangi oleh PT. Indofood telah menyita perhatian 80 negara di dunia. Waah keren ya.

Tolak Angin
(Foto: google.co.id)

Produk Tolak Angin mampu menembus pasar global padahal Indonesia banyak sekali jenis jamu. Produk jamu yang digaungi oleh PT. Sido Muncul bisa diterima luas di pasar Indonesia dan mancanegara karena kualitasnya yang sangat baik.

Bahkan, beberapa tahun belakangan jamu ini telah merambah ke pasar internasional seperti Hongkong, Taiwan, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Penjualan Ekspor Tolak Angin bisa memberikan kontribusi hingga 5 persen terhadap total penjualan.

Extra Joss
(Foto: google.co.id)

Extra Joss bisa dikatakan sebagai produk minuman pertama yang go internasional. Produk minuman ini mulai dilaunchingkan pada tanggal 14 Agustus 1994 di bawah naungan PT. Bintang Toedjo.

Produk minuman ini telah masuk pasar Malaysia pada tahun 2007 dengan penjualan 100 ribu dolar per bulannya. Sementara, di Vientam penjualan mencapai Rp 2 miliar per tahunnya. Di tahun 2003, Extra Joss juga sempet mendapat penghargaan Asia Pacific Excellent Award dan National Cunsumers Quality Award untuk merk paling berharga dalam kategori minuman energi di negara Filipina.

Dan di tahun 2011, Extra Joss merambah ke negara-negara Filipina, Singapura, Hongkong, India, Yaman, dan Selandia Baru. Kini Extra Joss bisa ditemui di negara-negara seperti Kamboja, Myanmar, New Zealand, dan Nigeria.

Kopi Kapal Api
10 Produk Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Kopi Kapal Api memang sudah ada sebelum Indonesia merdeka, tepatnya 1927. Dan sudah 14 kali Kopi Kapal Api mendapatkan 14 kali penghargaan Best Brand Award. Dan sekarang Kopi Kapal Api bisa menembus pasar Malaysia, Myanmar, dan Vina.

Equil
10 Produk Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia
(Foto: google.co.id)

Equil diproduksi pertama kali di tahun 1998 di Villa D’Equilibrium, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Meski hanya sebatas air mineral namun Equil bisa merambah ke pasar internasional seperti Australia, Singapura, Hongkong, Arab Saudi, Italia. Kini Equil adalah satu-satunya produsen lokal yang memegang merek air mineral alami dan bersaing dengan mineral impor asal Prancis.

Patut bangga ya kita dengan mendunia produk-produk lokal ini. Semoga kedepannya semakin banyak ya produk-produk lokal yang mendunia, Happy Weekend.

#SUpayaKItaTAhu

Tags: Makanan dan Minuman Asli Indonesia yang Mendunia, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 shares