Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang!

Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang

Apa yang teman-teman SUKITA ID tahu tentang Jepang? Negeri sakura ini adalah salah satu negara yang identik dengan keteraturan dan kebersihannya. Orang-orang Jepang bahkan menjadikan pendidikan kebersihan sebagai salah satu bagian yang diajarkan di sekolah. Sekolah di Jepang tidak perlu lagi menyewa petugas kebersihan karena anak-anak sekolah melakukan tugas piketnya dengan benar-benar rapi seperti petugas kebersihan sebenarnya. Biasanya kalau sudah mendekati akhir tahun seperti sekarang, orang Jepang akan sibuk bersih-bersih akhir tahun yang disebut dengan ōsōji.

Ōsōji adalah ritual tradisional yang dilakukan orang Jepang sebagai tanda bahwa mereka ingin memulai tahun baru dengan awalan yang baik. Oleh sebab itu mereka melakukan pembersihan besar-besaran di setiap sudut rumahnya. Bahkan karena banyaknya dan telitinya acara bersih-bersih ini, orang Jepan bisa sampai memakan waktu berhari-hari untuk melakukannya.

Menurut Satoru Imamura, ketua dari Nihon Soji Kyokai (Japan Cleaning Association) dalam wawancaranya di japantoday.com ada 4S yang biasa diperhatikan orang Jepang saat membersihkan rumah, yaitu:

1. Seiri

Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang
(Foto: wisdomenough.com)

Seiri adalah menyaring dan membuang barang-barang yang tidak digunakan lagi. Kadang tanpa sadar kita menumpuk barang-barang yang tidak perlu karena berpikir akan digunakan lagi atau sayang untuk di buang. Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk apa mengevaluasi lagi barang-barang yang penting untuk dipertahankan dan apa barang-barang yang hanya memakan tempat. Selain itu seiri sangat penting dilakukan di awal tahun karena ini adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan ruanganan untuk menaruh benda-benda lain yang akan kamu beli sepanjang tahun yang akan mendatang nanti.

2. Seiton

Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang
(Foto: pinterest.com)

Seiton berarti merapikan atau mengatur barang-barang supaya mudah diakses. Kadang-kadang kita sering lupa menggunakan perabotan sesuai fungsinya. Meja dijadikan sebagai tempat menumpuk buku sementara lemari di malah kosong. Seiton mengingatkan kamu untuk membersihkan dan mengembalikan benda-benda ke tempat yang seharusnya. Dengan begitu semua benda-bendamu akan jadi lebih rapi dan teratur.

3. Seisō

Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang
(Foto: twitter.com/Japonismo)

Seisō berarti membersihkan barang-barang dari debu dengan di sapu dan di pel. Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk membersihkan tempat-tempat yang biasanya tak tersentuh oleh sapu dan pel hingga akhirnya membuat debu bertumpuk. Bersihkanlah atap-atap, bagian atas dan belakang lemari, dan jemurlah kasurmu. Saat melakukan bersih-bersih ini kamu juga bisa sekaligus mengubah tatanan barang-barang di rumahmu. Lumayankan kamu juga sekalian menyambut tahun baru dengan tampilan ruangan yang lebih fresh dan bersih?

4. Seiketsu

Yuk Tiru 4 Tips Membersihkan Rumah Akhir Tahun ala Ōsōji Jepang
(Foto: japonismo.com)

Seiketsu untuk menjaga kerapian dan keawetan benda-benda. Coba cek barang-barang di rumahmu. Kadang meskipun kamu sudah merapikan dan membersihkannya tiap hari ada saja barang-barang yang sudah mulai rusak dan tak terawat. Poleslah meja kayumu dengan bahan pembersih kayu khusus, berikan oli pada pintu rumahmu yang sudah susah di buka dan simpan barang-barang pecah belah di tempat aman. Dengan begitu kamu sudah berhasil membuat umur barang-barang di rumahmu berumur lebih panjang.

Wah, ternyata tips bersih-bersih ala ōsōji ini tidak sulit juga ya di lakukan? Mungkin kita bukan orang Jepang, tapi tidak ada salahnya ikut ritual bersih-bersih akhir tahun ini demi awal tahun yang lebih cerah. Setuju?

#SUpayaKItaTAhu
#TipsOsojiBersihBersihAlaJepang
#Tips

 

Tags: Jepang, Rumah, SUpayaKItaTAhu, TIPS

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share