Yuk Belajar tentang Persatuan dari 5 Peribahasa ini

Yuk Belajar tentang Persatuan dari 5 Peribahasa ini

Teman-teman SUKITA ID sudah tahu kan kalau hari ini adalah hari kesatuan nasional? Kali ini SUKITA ID akan mengajak kamu untuk belajar persatuan dari peribahasa Indonesia. Mengapa peribahasa? Karena peribahasa bukan hanya kata kiasan saja, peribahasa juga warisan nenek moyang kita tentang sebuah nasihat dan teguran yang baik mengenai kehidupan. SUKITA ID telah merangkum 5 peribahasa mengenai persatuan. Yuk kita lihat bersama-sama!

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

Artinya: segala sesuatu akan berhasil jika dilakukan bersama-sama. Persatuan adalah kunci dari keberhasilan. Jika kita mau bergerak bersama dan mewujudkan persatuan nasional, impian Indonesia untuk menjadi negara yang maju dan makmur bukan lagi sekedar mimpi.

Telur serangkak, pecah satu pecah

Artinya: selalu bersatu dalam segala hal. Kesedihan ataupun kebahagiaan Indonesia adalah milik dan tanggung jawab kita bersama. Ketika ada satu orang, kelompok ataupun wilayah yang menderita, kita harus menolong mereka sebab kita semua bersatu dalam nama Indonesia.

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing

Artinya: seiya sekata, sehidup semati. Senang dan susah bersama-sama. Untuk mencapai persatuan kita harus berjuang bersama melewati halangan dan rintangan tanpa menunjuk siapapun untuk bertanggung jawab lebih banyak dari orang lain. Kewajiban setiap masyarakat untuk menjaga persatuan nasional itu sama besarnya.

Enak makan dikunyah, enak kata diperkatakan

Artinya: sesuatu hal haruslah dimusyawarahkan terlebih dahulu. Untuk memutuskan segala sesuatu semua kepentingan masyarakat Indonesia, baik mayoritas ataupun minoritas, harus diperhitungkan. Itu sebabnya kita harus bermusyawarah seperti bunyi pancasila yang ke-4: kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Tepuk sebelah tangan tidak akan berbunyi

Artinya: persatuan atau cinta kasih tidak mungkin datang dari satu orang saja. Jika ingin mencapai persatuan nasional yang sebenarnya, kita harus ikut serta dalam usaha pembentukannya. Jangan mengharapkan orang lain untuk mengalah dan bekerja sendiri untuk menjaga kedamaian, kita sendirilah yang harus menciptakan kerukunan antar SARA untuk mencapai persatuan.

Selain kelima peribahasa diatas, kita juga harus mengingat semangat persatuan Indonesia yang ada dalam semboyang kita.

Bhineka tunggal ika

Artiya: berbeda-beda namun tetap satu jua. Indonesia memang terdiri atas ribuan pulau, ratusan suku, enam agama yang diakui dan perbedaan cara padangan hidup. Setiap orang akan berbeda dengan orang lainnya. Namun perbedaan itu bukanlah sesuatu yang membuat masyarakat Indonesia terpecah belah, perbedaan itu malah mendorong kita untuk bersatu di dalam keberagaman.

Apapun yang terjadi, kita harus bersatu dan tetap menjaga kerukunan masyarakat Indonesia ya. Selamat hari persatuan nasional teman-teman!

Sumber: Kamus 2000 Peribahasa Indonesia karangan Heroe Kasida Braatmadja

#SUpayaKItaTAhu
#PeribahasaPersatuan
#Motivasi

Tags: MOTIVASI, Peribahasa, Persatuan Dan Kesatuan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares