10 Hari Setelah Unggah Video Bunuh Diri, Logan Paul Dihukum YouTube

Logan Paul dihukum Youtube 2

Teman-teman SUKITA ID tahu tidak tentang video kontroversial Logan Paul? Youtubers yang merekam tubuh korban bunuh diri di hutan Aokigahara ini mengunggah videonya tanggal 31 Desember 2017. Setelah banyak petisi yang meminta YouTube bertindak, baru 10 hari setelah unggah video bunuh diri, Logan Paul dihukum YouTube.

YouTube tidak menghapus akun Logan seperti petisi warganet melainkan dengan memutus hubungan kerjasama mereka. Sebagai youtubers dengan jumlah pengikut diatas 15 juta, akun YouTube Logan menjadi salah satu sasaran para pengiklan. Logan Paul dihukum YouTube dengan cara menghilangkan namanya dari daftar 5% pembuat konten teratas dari Youtube’s Google Preferred. Dengan begitu Logan Paul akan kehilangan sumber pendapatnya dari media iklan YouTube.

Selain itu YouTube juga tidak melanjutkan film kerjasama mereka di YouTube Red. Produksi film yang berjudul The Thinning: New World Order akan dihentikan. Padahal film ini merupakan sekuel dari The Tinning, film lain dari youtuber Amerika yang laris ditonton warganet ini.

Logan Paul dihukum Youtube 2
(Foto: erienewsnow.com)

Meskipun banyak warganet yang menganggap reaksi Youtube terhadap aksi Logan ini terlambat, mereka senang karena akhirnya YouTube mengambil tindakan. Meskipun terlambat sepuluh hari setidaknya ini jadi peringatan bagi para youtubers untuk tidak sembarangan mengunggah konten yang melanggar ketentuan situs video terkenal itu.

Dilansir dari bbc.com, majalah Forbes memperkirakan Logan Paul mendapatkan sekita 12,5 juta dollar dari video YouTubenya. Itu sebabnya Logan menjadi youtuber nomer 4 di dunia dengan pendapatan terbesar di tahun 2016. Masih belum ada detail secara rinci tentang bagaimana pemutusan kerjasama ini akan berimbas pada Logan Paul.

Meskipun Logan Paul dihukum YouTube, ini bukan berarti Logan tidak akan mendapatkan uang sama sekali. Dilansir dari telegraph.co.uk terlepas dari kontroversi video di hutan Aokigahara, Logan tetap mendapatkan 90 ribu dollar dari semua video perjalanannya di Jepang. Pemutusan kerjasama iklan ini juga tidak akan mempengaruhi pendapatannya dari jumlah penonton.

Sebelumnya Logan Paul telah meminta maaf di akun twitternya (1/1/2018) dan YouTube (2/1/2018)

Meskipun Logan Paul telah meminta maaf melalui akun Twitter dan YouTubenya serta mendapatkan sangsi dari YouTube, video Logan di hutan Aokigahara masih beredar di internet. Youtubers lain telah mengunggah kembali video Logan dengan mengedit bagian dimana Logan merekan jasad pelaku bunuh diri itu sehingga tidak melanggar ketentuan YouTube.

Kejadian ini menjadi bukti bahwa segala sesuatu yang di unggah di sosial media akan tetap tercatat di internet sekalipun sudah dihapus. Apa yang dilakukan oleh Logan Paul ini menjadi pelajaran untuk kita semua agar bijak lagi menggunakan internet.

#SUpayaKItaTAhu
#10HariSetelahUnggahVideoBunuhDiriLoganPaulDihukumYouTube
#Terkini

Tags: SUpayaKItaTAhu, Terkini, Youtube, Youtuber

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares