Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB yang Tetap Bekerja demi Korban Bencana Meskipun Sedang Kemoterapi Kanker Stadium 4

Sutopo Purwo Nugroho

Apakah teman-teman SUKITA ID mengenal Sutopo Purwo Nugroho? Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Saat ini Sutopo sedang bekerja keras untuk terus menginformasikan keadaan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Namun ditengah usahanya untuk terus membantu korban bencana, ternyata Sutopo sedang berjuang menghadapi kanker paru stadium IV. Sutopo bercerita bahwa dirinya divonis kanker paru-paru pada pertengahan Januari 2018. Dokter mengatakan sel kanker telah menyebar ke tulang dan kelenjar getah bening.

Pria berusia 48 tahun ini sempat merasa terpukul saat mendengar vonis dokter namun ia akhirnya ia menerima berita ini dengan tabah. Ia menganggap penyakitnya ini sebagai ujian dari Allah dan tetap bekerja demi kesembuhannya. Kini ia menjalani kemoterapi untuk untuk mengobati penyakit yang ia idap

“Setiap hari saya diradiasi. Efek radiasi dan kemoterapi memang membuat badan tidak nyaman. Mual, muntah, pusing, lemas, sesak napas, dan tidak nafsu makan. Tapi semua harus dijalani,” kata Sutopo saat berbincang dengan detikcom.

Saat gempa dan tsunami melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018 kemarin, Sutopo dengan tanggung jawabnya sebagai humas BNPB segera datang ke lokasi bencana. Saat itu ia baru saja menyelesaikan sesi kemoterapinya dari rumah sakit.

Meskipun merasa mual dan pusing-pusing akibat kemoterapi, tetapi ia ingin korban dan keluarga dari korban agar bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai bencana dan keadaan pengungsi. Ia tetap berusaha untuk melawan penyakitnya sambil terus bekerja.

Sutopo ingin tetap terus bekerja meskipun sedang sakit. Ia juga berharap para penyitas kanker lain sepertinya agar tidak patah semangat, tetap sabar, bekerja dan berdoa demi kesembuhan mereka.

Sutopo Purwo Nugroho
Sutopo saat sedang menjalani kemoterapi. (Foto: detik.com)

Sutopo berkata bahwa ia terus berdoa agar dosa-dosanya dimaafkan dan diberi kesembuhan dan kesehatan oleh Allah. Sutopo ingin usianya dipanjangkan agar bisa lebih baik beribadah, melayani masyarakat. Sutopo juga mendoakan agar istri, anak-anak dan keluarganya selalu diberi kesehatan dan kekuatan mendampingi dirinya sebagai seorang survivor kanker.

“Pengobatan sakit kanker perlu waktu yang panjang. Perlu biaya, tenaga, waktu, dan kesabaran yang panjang. Ibarat lari marathon saya baru start. Perlu dukungan dan semangat terus. Soal hasil akhir saya serahkan pada Tuhan Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

Mendengar perjuangannya untuk tetap bekerja demi korban bencana, warganet ikut mendoakan kesembuhan untuk Sutopo Purwo Nugroho. Semoga saja kondisi Sutopo bisa semakin membaik ya, teman-teman SUKITA ID!

Sumber: Detik.com

#SUpayaKItaTAhu
#SutopoPurwoNugroho
#Motivasi

Tags: SUpayaKItaTAhu, Sutopo Purwo Nugroho, Tokoh Inspirasi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares