Soe Hok Gie, Umur Tak Panjang Tapi Selalu Hidup dengan Berani

Soe Hok Gie Umur Tak Panjang Tapi Selalu Hidup dengan Berani

Kenalkah teman-teman SUKITA ID pada aktivisis mahasiswa era Soekarno dan Soeharto yang bernama Soe Hok Gie? Hari ini, tepat pada 17 Desember, Soe Hok Gie seharusnya berusia 75 tahun. Alumni Universitas Indonesia jurusan sejarah ini menjadi salah satu pelopor gerakan mahasiswa menentang otoritas permerintahan.

Semasa hidupnya Soe Hok Gie dengan beraninya maju ke garis depan untuk memprotes kebijakan-kebijakan Presiden Soekarno dan Soeharto yang dianggap merugikan masyarakat Indonesia. Meskipun sibuk dengan kegiatannya sebagai aktivis, Soe Hok Gie berhasil menyelesaikan pendidikan S1 dalam waktu 4 tahun.

Sayangnya semua perjuangannya harus berhenti karena keracunan gas di Gunung Semeru. Soe Hok Gie meninggal tanggal 16 Desember 1969, tepat sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-27. Buku hariannya ia tulis semasa menjadi mahasiswa dan aktivis kemudian diterbitkan tahun 1983 dengan judul Catatan Seorang Demonstran. Buku ini juga yang nantinya menginspirasi sebuah rumah produksi untuk membuat film Gie, tentang perjalanan hidup seorang demonstran.

Soe Hok Gie Umur Tak Panjang Tapi Selalu Hidup dengan Berani
(Foto: berdikaribook.red)

Jika kamu sudah membaca bukunya kamu akan tahu betapa kritisnya cara pandang Seo Hok Gie memandang pemerintah dan kehidupannya sendiri. Ada banyak kutipan-kutipan inspirasi di dalam buku ini dan diucapkan. Untuk kamu yang belum baca, jangan sedih. SUKITA ID sudah merangkum 10 kutipan motivasi Soe Hok Gie di dalam video ini!

Soe Hok Gie pernah berkata: “Aku cinta pada keberanian hidup”.Oleh sebab kita, pemuda Indonesia, juga harus menjalani hidup dengan berani. Berani berjuang, berani bertanggung jawab dan berani bergerak untuk kemajuan Indonesia.

#SUpayaKItaBIsa
#KutipanSoeHokGie

Tags: mahasiswa, MOTIVASI, Quotes, Soe Hok Gie, SUpayaKItaTAhu, Tokoh Inspirasi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares