Beredar Slip Gaji Guru Honorer yang Hanya 35 Ribu, Apakah itu Benar?

Gaji Guru Honorer

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru adalah pengajar dan pengayom muridnya, mereka adalah orang tua kedua anak di sekolah. Namun siapa yang menyangka julukan pahlawan tanpa tanda jasa ini benar-benar dipikul guru secara harfiah. Kesejahteraan guru-guru, terutama guru honorer, masih menjadi perdebatan di hari pendidikan nasional ini. Baru-baru ini beredar slip gaji guru honorer di media sosial. Jumlah gajinya hanya 35 ribu. Benarkah itu?

Berikut foto slip gaji guru honorer yang viral. Secara rinci tertulis jumlah honor yang terima seorang guru honorer setiap bulannya.
Gaji Guru Honorer
(Foto: instagram.com/infocegatansolo/)

Warganetpun ikut mengomentari foto slip gaji guru honorer tersebut. Meskipun banyak yang tak percaya karena jumlahnya yang terlalu sedikit, banyak guru honorer yang berkomentar bahwa memang seperti itu keadaannya.

@mazaya_shasmeen: “Aku juga guru honorer dan postingan itu benar adanya seperti itu. Pemberintah bukannya tidak tahu, bahkan sangat tahu sekali. Mulai semester ini aja di SMA Jawa Barat honor untuk kelebihan jam mengajar, tunjangan wali kelas, tunjangan pembina ekskul, malah diturunkan oleh pemerintah provinsi. Walaupun insyaallah guru-guru sudah teruji kalo soal ikhlas, tapi ini lebih ke soal hak guru sebagai tenaga kerja yang harusnya diatur dan dilindungi undang-undang. Guru-guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, tapi cobalah pakai akal waras kita. Apa bisa kaleng susu dibayar dengan sabar dan ikhlas?”

@princesstepie90: “Alhamdulillah akhirnya bisa ngeluarin suara disini. Hm… Kayaknya bener min. Banyak temen saya yang dari pelosok gajinya pun masih 50 ribu per bulan. Bisa dibayangin gak min jasa guru. Semua profesi pun awalnya dari jasa guru loh min. Di negeri seberang guru terjamin banget min.”

@ranuni.id: “Ini yang kasih manfaat ilmu dibayar segitu.. yang di TV TV yang gak manfaat dibayar mahal 🙁 #Miris.”

@nuraini.rz: “Beneer banget! Udah gitu belum lagi diuji kesabarannya sama tingkah anak-anak sekarang yang luar biasa. Dinasehati gak mempan, dimarahi berontak, dijewer emaknya protes ke sekolah, terus lapor polisi pula kan….”

@ayu_ayrammar: “Betul memang ada yang segitu…. Tergantung unit kerjanya. Saya 11 tahun ngajar TK. Tiap ada yang tanya berapa gaji saya setelah diberitahu mereka selalu gak percaya… Kok bisa hidup dengan gaji segitu katanya dengan ekpresi (kaget). Hehehe… I just can smile coz that’s the truth… But Alhamdulillah, bukankah rejeki gak hanya berupa uang? Mencetak anak-anak yang sholeh, sehat, cerdas dan berbudi luhur itulah yang utama. Barokallah selalu bersyukur.”

Terlepas fakta bahwa gaji guru honorer yang bervariasi, isu guru mendapatkan gaji dibawah UMR memang sudah menjadi momok yang masih belum berhasil diselesaikan hingga sekarang. Guru itu memang pahlawan tanpa tanda jasa, tapi itu bukan berarti kita guru bisa dibayar secara cuma-cuma, bukan begitu teman-teman SUKITA ID?

Semoga tidak ada lagi guru-guru yang digaji secara tidak layak. Selamat hari pendidikan nasional, teman-teman SUKITA ID!

Sumber komentar

#SUpayaKItaTAhu
#BeredarSlipGajiGuruHonorerYangHanya35RibuApakahItuBenar
#Terkini

Tags: Gaji Guru, Guru, Pendidikan di Indonesia, Sekolah, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share