Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2018 Resmi Dibuka Tanggal 19 September!

Pendaftaran CPNS 2018

Kabar gembira bagi teman-teman SUKITA ID yang sudah lama menunggu kabar pendaftaran CPNS 2018. Hari ini (6/9) Panitia Seleksi Nasional yang berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengkonfirmasi tanggal dibukanya pendaftaran CPNS 2018. Ketua BKN Bima Haria Wibisana mengabarkan tanggal 19 September 2018 peminat CPNS sudah mulai bisa mendaftar secara online untuk menjadi calon abdi negara.

“Pendaftaran CPNS dibuka tanggal 19 September. Jadi, calon pendaftar bisa mempersiapkan dalam dua pekan ini,” ungkap Bima saat diwawancarai di Republika.com di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9).

Tak jauh beda dengan dua tes CPNS tahun 2017, pendaftaran CPNS 2018 juga akan dilangsungkan selama dua minggu. Setelah itu dokumen para pelamar akan diseleksi oleh BKN. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi rencananya akan dikabarkan pada tanggal 16 Oktober 2018. Setelah itu akan dilakukan tes Computer Assisted Test (CAT), seleksi kompetisi bidang (SKB) dan seleksi kompetinsi dasar (SKD) rencananya akan digelar tanggal 20 Oktober 2018. Seluruh rangkaian tes CPNS diperkirakan akan dilangsungkan selama dua bulan.

“Adapun pengumumannya akan kami buka pada tanggal 30 November 2018,” jelas Bima menjelaskan.

Kuota CPNS yang akan dibuka saat pendaftaran CPNS 2018

Berbeda dengan dua tes CPNS 2017, tahun ini BKN berniat untuk merinci jumlah kebutuhan dan tempat penetapan CPNS jika lulus ujian. Saat ini Panitia Seleksi Nasional masih menyimpan data tersebut untuk diumumkan saat pendaftaran di mulai. Namun Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin memberikan sedikit bocoran mengenai kuota CPNS yang dibutuhkan.

“Kebutuhan PNS secara nasional adalah 238.015,” kata Syarifuddin saat konferensi pers di Jakarta (6/9)

Kuota 238.015 ini terdiri dari 51.271 posisi untuk CPNS di instansi pemerintah pusat dan 186.744 untuk CPNS di instansi pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota. CPNS yang lulus pada tes tahun 2018 ini akan menggantikan pensiunan CPNS di daerah dan pusat. Saat ini ada lima jabatan yang diprioritaskan, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, jabatan fungsional dan teknis lainnya.

Lumayan banyak juga ya kuota CPNS yang dibuka untuk pada pendaftaran kali ini? Segera siapkan semua dokumen yang dibutuhkan dari sekarang ya. Oh ya, jangan lupa intip tips jitu lulus seleksi CPNS 2018 yang satu ini untuk mempersiapkan diri menghadapi tes! Semoga berhasil!

Sumber: Liputan6.com, Republika.co.id dan Kompas.com

#SUpayaKItaTAhu
#SiapSiapPendaftaranCPNS2018ResmiDibukaTanggal19September

Tags: CPNS 2018, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares