Seperti di Jepang, Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalanan Surabaya

Bunga Tabebuya

Sudah beberapa hari belakangan ini ada pemandangan baru di beberapa jalan protokol di kota Surabaya. Bunga-bunga tabebuya di tepian jalan bermekaran dan jauh dengan cantik di trotoar. Pohon-pohon besar di tepian jalan berubah warna menjadi pink, kuning, putih bahkan ungu. Pemandangan ini mirip sekali dengan potret jalanan Jepang saat bunga sakura bermekaran di musim semi.

Ide untuk mempercantik jalanan kota Pahlawan dengan bunga tabebuya datang dari wali kota Tri Rismaharani saat ia masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya. Awalnya hanya sedikit bunga tabebuya yang ditanam di jalanan. Namun sejak tahun 2010 lalu, bibit bunga cantik ini ditaman secara masal di tepi jalanan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng, Surabaya.

Beginilah penampakan bunga tabebuya di jalanan Surabaya saat diliput oleh CNN!

Pohon tabebuya berbunga dua kali dalam setahun. Pertama pada awal tahun, sekitar bulan April. Kedua pada akhir tahun, sekitar bulan November. Namun mekarnya bunga tabebuya akhir-akhir ini sebenarnya merupakan fenomena yang unik. Lazimnya bunga ini bermekaran pada musim kemarau atau saat cuaca sedang panas, tak seperti saat ini yang sedang menjelang musim hujan.

Meskipun mirip seperti bunga sakura, bunga tabebuya sebenarnya berasal dari Brazil. Bibit-bibit bunga yang kini menghiasi jalan protokol Surabaya itu merupakan hasil budi daya petani bunga yang berada di Kebun Bibit (Taman Flora) Surabaya atau petani Malang dan Kediri. Sehingga bisa dikatakan bahwa mekarnya bunga tabebuya di Surabaya ini merupakan hasil kerja keras dari penduduk Surabaya juga.

Keasrian jalanan Surabaya yang dihiasi oleh kelopak bunga yang berguguran kini menjadi daya tarik tersendiri untuk kota ini. Kelopak bunga yang berguguran memberikan kesan romantis dan asri saat melintas di jalan raya. Bahkan tak sedikit pengguna jalan yang berhenti untuk berfoto ria karena keindahan bunga ini.

Apakah teman-teman SUKITA ID tertarik untuk melihat dan berfoto dengan latar belakang bunga tabebuya yang berguguran? Segera datang ke Surabaya ya!

Sumber video: CNN Indonesia

#SUpayaKItaTAhu
#BungaTabebuya
#Travel

Tags: Bunga Tabebuya, SUpayaKItaTAhu, Surabaya

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 shares