Salar de Uyuni, Dataran Garam Terluas di Dunia yang Menawarkan Efek Cermin Saat Foto

Salar de Uyuni

Pernahkah teman-teman SUKITA ID bermimpi berdiri di melayang di atas langit? Well, meskipun kamu tidak benar-benar bisa “berdiri di langit”, pergi ke Salar de Uyuni dapat memberikanmu ide tentang bagaimana rasanya “melayang” di atas langit. Salar de Uyuni merupakan dataran garam terluas di dunia. Disini kamu bisa menemukan efek cermin yang membuat dataran tampak menghilang dan langit terlihat seperti tanpa batas.

Salar de Uyuni
(Foto: peruagency.com)

Salar de Uyuni  terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes. Dataran garam ini berada diatas ketinggian 3636 mdpl ini adalah bagian dari altiplano atau dataran tinggi yang terbentuk saat pegunungan Andes terbentuk. Tempat yang dipanggil sebagai Salar de Tanupa oleh warga sekitar ini memiliki luas sekitar 4.086 kilometer persegi, terbesar di dunia.

Awalnya dataran Uyuni ini merupakan danau terbesar pada zaman prasejarah bernama Danau Michin. Danau Michin dibentuk sekitar 42 ribu hingga 30 ribu tahun yang lalu. Saat itu radiokarbon membentuk karang dari endapan serta terumbu karang karbonat yang muncul ke permukaan bumi. Lama kelamaan danau mulai kering hingga akhirnya menyisakan beberapa danau kecil dan dataran garam.

Salar de Uyuni
(Foto: youtube.com/Katya Mukhina)

Efek cermin yang buat oleh dataran garam ini membuat langit terlihat tanpa batas. Tak sedikit traveler yang menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk foto pre wedding dan jalan-jalan dengan orang terdekat. Berkunjung ke Salar de Uyuni di pagi, siang maupun sore bukan masalah, semuanya tampak cantik disini.

Salar de Uyuni
(Foto: visitsouthamerica.co)

Tempat ini cocok untuk dikunjungi saat musim kemarau maupun musim hujan. Jika kamu ingin berfoto melayang di udara, akan lebih baik kamu datang sekitar bulan Desember hingga April. Genangan air pada daratan garam ini akan memberikan efek cermin yang cantik. Namun kamu harus waspada agar tidak mengunjungi dataran Uyuni saat puncak musim hujan karena air akan menggenang terlalu banyak.

Jika kamu ingin berjalan-jalan di dataran garamnya saja, akan lebih baik kamu berkunjung pada bulan Mei hingga November. Dataran garam mengeras saat musim kemarau sehingga kamu bisa menjelajahi setiap jengkal daratang garam Uyuni. Namun kamu harus berhati-hati sebab suhunya menurun secara drastis di musim kemarau.

Cantik juga ya dataran garam terluas di dunia ini. Apakah teman-teman SUKITA ID ingin mengunjungi Salar de Uyuni? Jangan lupa cek cuaca dulu ya sebelum pergi ke sana!

Sumber: Tribunnews.com dan Idntimes.com

#SUpayaKItaTAhu
#SalarDeUyuni
#Travel

Tags: Salar de Uyuni, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares