Pemerintah Tetapkan Puasa Dimulai Besok, 17 Mei 2018

puasa dimulai besok 1

Setelah menggelar sidang isbat kemarin (15/05/2018), Kementrian Agama akhirnya menetapkan tanggal awal Ramadan tahun 2018. Berdasarkan hasil laporan petugas tersumpah yang mengamati hilal dari 95 titik di Indonesia dan perhitungan hisab, pemerintah akhirnya menetapkan puasa dimulai besok, 17 Mei 2018.

“Kita sudah menyelesaikan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 1439 Hijriah, berdasarkan hasil perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal dan tidak melihat halal, maka bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Pemerintah melalui Menteri Agama telah menetapkan puasa dimulai besok, 17 Mei 2018. Sebelumnya, Muhammadyah juga telah menetapkan puasa dimulai besok. Ini berarti tahun 2018 umat islam di Indonesia memulai ibadah puasa pada hari yang sama. Tahun lalu pelaksanaan awal Ramadan juga berlangsung serentak. Kabarnya kejadian ini akan berlanjut sampai tahun 2021.

Puasa dimulai besok secara serentak di Indonesia. Ini akan berlanjut sampai tahun 2021
puasa mulai besok 1
(Foto: prelo.co.id)

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, hal ini dapat terjadi karena criteria ketinggian derajat hilal bagi seluruh ormas islam terakomodasi.

“Setidaknya ormas-ormas besar itu sudah terakomodasi kita tahu bahwa sampai 2021 awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah itu berpotensi seragam karena posisi bulan itu masih berada di bawah ufuk seperti awal Ramadan ini atau di atas dua derajat seperti nanti Syawal,” ujar Thomas di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018) melalui wawancaranya dengan liputan6.com.

Setalah tahun 2021, penentuan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah kembali berbeda. Ini terjadi karena derajat hilal setiap ormas Islam berbeda.

“Pasca-2021 potensi itu akan terjadi lagi perbedaan ketika posisi bulan berada di kriteria-kriteria berbeda di antara 0 kriteria Muhammadiyah, 2 derajat kriteria NU oleh karenanya kalau kriteria hilal wujud derajatnya di wilayah Indonesia dan 2 derajat NU dipakai pasca 2021 kita akan mengalami perbedaan lagi,” katanya.

#SUpayKItaTAhu
#PemerintahTetapkanPuasaDimulaiBesok17Mei2018
#Terkini

Tags: Bulan Ramadan, Kementrian Agama, Pemerinta, Puasa, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares