Profil dan Fakta Unik Sam Ratulangi, Pahlawan di Uang Kertas 20.000

Profil dan Fakta Unik Sam Ratulangi

Apakah teman-teman SUKITA ID siapa pahlawan asal Sulawesi ada di pecahan uang kertas Rp. 20.000,-? Dr. GSSJ Ratulangi atau yang lebih umum dikenal sebagai Sam Ratulangi merupakan seorang pejuang pendidikan yang juga terjun ke dalam dunia politik. Meskipun ia tak sempat menyentuh usia 60 tahun dan lama menikmati kemerdekaan Indonesia setelah bebas dari tangan Belanda, ia tetap menjadi salah satu Pahlawan Nasional terbesar dari Sulawesi Utara.

Untuk mengenang jasa-jasanya, kali ini SUKITA ID akan membagikan profil dan fakta unik Sam Ratulangi!
  • Nama asli: Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi
  • Dikenal juga sebagai: Sam Ratulangi, Dr. GSSJ Ratulangi
  • Tempat dan tanggal lahir: Tonadano, Sulawesi Utara, 5 November 1890
  • Wafat: Jakarta, 30 Juni 1949
  • Orangtua: Jozias Ratulangi (Ayah) dan Agustina Gerungan (Ibu)
  • Saudara: Wulan Kayes Rachel Wilhelmina dan Wulan Rachel Wilhelmina Maria
  • Istri: Emilie Suzanne Houtman (Bercerai tahun 1926) dan Maria Catharina Josephine Tambajong (Menikah tahun 1928)
  • Anak: Corneille Jose Albert Ratulangi, Emilia Augustina Ratulangi, Milia Maria Matulanda Ratulangi, Everdina Augustina Ratulangi dan Wularingan Manampira Ratulangi
Riwayat pendidikan Sam Ratulangi:
  • Europesche Lagere School (ELS) di Tondano
  • Teknik Koninginlijke Wilhelmina School (SMK Negeri 1 Jakarta Budi Utomo)
  • Sekolah Raja: setingkat SMA (Hoofden School)
  • Universitas Amsterdam (Universiteit van Amsterdam)
  • Gelar Doktor der Natur-Philosophie (Swiss)
  • Ilmu Pasti dan Ilmu Alam di Universitas Zürich
Riwayat karir Sam Ratulangi:
  • Guru Prinses Juliana School dan di Algemene Middelbare School (1919-1922)
  • Sekretaris Dewan Minahasa (Minahasa Raad) (1924-1927)
  • Volksraad (1927)
Profil dan Fakta Unik Sam Ratulangi
(Foto: nusantarakaya.com)
Fakta unik Sam Ratulangi:
  1. Keluarga Ratulangi merupakan keluarga yang hebat dalam bidang akademik. Wulan Kayes adalah wanita Indonesia pertama yang lulus ujian klein-ambtenaars untuk pekerjaan pemerintah tingkat rendah pada tahun 1898. Nilai ujiannya lebih tinggi daripada laki-laki yang mengikuti ujian yang sama. Wulan Rachel adalah wanita Indonesia pertama yang menerima sertifikat dasar hulpacte untuk pendidikan dasar di Belanda pada tahun 1912.
  2. Ia pernah bekerja di pablik kereta api di Bandung dengan kemampuannya sebagai lulusan Teknik.
  3. Setelah kematian ibunya, Agustina Gerungan, tanggal 19 November 1911, Sam Ratulangi membagi warisan bersama kedua saudaranya. Ia menggunakan warisan yang ia dapat untuk belajar ke Eropa.
  4. Di tahun 1922, ia bersama dengan Ir Crane, Douwes Dekker dan Suwardi Suryaningrat, Sam Ratulangi mengadakan rapat besar di Bandung yang akhirnya melahirkan nama ‘Indonesia’ yang kemudian diperkenalkan alat untuk membangkitkan semangat dalam meraih kemerdekaan.
  5. Sam Ratulangi pernah menulis buku berjudul Indonesia in den Pasifiek dan menuliskan beberapa tulisan di majalah Peninjauan.
  6. Sam Ratulangi, Andi Sultan Daeng Raja dan Andi Pangeran Daeng Parani hadir sebagai wakil dari Sulawesi di rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
  7. Ia merupakan Gubernur Sulawesi pertama setelah Indonesia merdeka. Tanggal 5 April 1946 ia ditangkap oleh Belanda yang mendarat di Makassar sebagai NICA. Ia diasingkan di Serui, Irian Jaya sampai akhir hidupnya.
  8. Sam Ratulangi meninggal tanggal 30 Juni 1949 saat menjadi tahanan dan dimakamkan di Tondano. Ia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keppres Republik Indonesia No. 590 Tahun 1961 tanggal 9 Nopember 1961.
  9. Sam Ratulangi dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.
  10. Universitas Sam Ratulangi di Manado didirikan menggunakna namanya untuk mengenang jasanya bagi warga Sulawesi di masa lalu.
  11. Untuk menghormati jasa-jasanya, Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas pecahan Rp. 20.000,- Tahun Emisi 2016 menggunakan potret wajahnya.

Sumber: Tirto.id dan Biografiku.com

#SUpayaKItaTAhu
#ProfilDanFaktaUnikSamRatulangi
#Tokoh

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares