Profil dan Fakta Unik Fatmawati, Ibu Negara yang Menjahit Bendera Pusaka

Profil dan Fakta Unik Fatmawati

Dulu teman-teman SUKITA ID pasti pernah menemukan pertanyaan “Siapa yang menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan saat proklamasi?” saat belajar sejarah kan? Nah, nama wanita hebat yang tersebut adalah Fatmawati. Dengan mesin jaitnya, bendera pusaka yang dikibarkan untuk mengumumkan kemerdekaan Indonesia tercipta. Fatmawati juga bukan sekedar penjahit biasa, ia juga istri Soekarno sekaligus Ibu Negara Indonesia yang pertama.

Untuk mengenang jasa-jasanya, kali ini SUKITA ID akan membagikan profil dan fakta unik Fatmawati
  • Nama asli: Fatimah
  • Dikenal juga sebagai: Fatmawati
  • Tempat dan tanggal lahir: Bengkulu, 5 Februari 1923
  • Wafat: Kuala Lumpur, 14 Mei 1980
  • Orangtua: Hassan Din (Ayah) dan Siti Chadijah (Ibu)
  • Suami: Soekarno
  • Anak: Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra
Profil dan Fakta Unik Fatmawati
(Foto: pedomanbengkulu.com)
Fakta unik Fatmawati:
  1. Fatmawati merupakan keturunan Puti Indrapura, seorang keluarga raja dari kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Ayah Fatmawati, Hassan Din, merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah terkenal di Bengkulu.
  2. Fatmawati dan Soekarno bertemu pertama kali saat usianya masih 15 tahun pada Agustus 1938. Saat itu presiden Soekarno menawari Fatmawati untuk bersekolah di Rooms Katholik Vakschool bersama Ratna Juami, anak angkat Soekarno dan Inggit Garnasih. Sejak saat itu Fatmawati tinggal di rumah Soekarno bersama Inggit dan kedua anak angkat mereka.
  3. Tahun 1949 Fatmawati bercerita kepada Soekarno bahwa ia dilamar oleh seorang anak wedana. Soekarno akhirnya jujur bahwa ia mencintai Fatmawati dan memintanya untuk menikahnya. Baik Fatmawati ataupun Inggit sama-sama tidak mau dimadu sehingga mereka berdua meminta Soekarno untuk menceraikan Inggit terlebih dahulu jika ingin menikahi Fatmawati.
  4. Keduanya akhirnya menikah tanggal 1 Juni 1943 setelah Soekarno menceraikan Inggit. Mereka berdua menikah dengan perantara sebab saat itu Soekarno sedang ada di Jawa sementara Fatmawati ada di Bengkulu. Melalui telegram, Fatmawati diberi kabar: “Fatmawati, nikah dengan wakil; yaitu Saudara opseter Sarjono, tanggal 1 Juni 1943 berangkat ke Jakarta. Sukarno.” Mereka berdua menikah saat berusia 20 tahun dan 42 tahun.
  5. Fatmawati dipanggil sebagai “Burung merpati dari Bengkulu” oleh Soekarno.
  6. Fatmawati pernah menjadi Poetri Kentjana Boelan, pemeran utama dalam Sendratari Rainbow yang dipentaskan sanggar petunjukan Monte Karlo. Saat itu Soekarno menjadi pembina sanggar.
  7. Fatmawati memiliki peran penting dalam upacara proklamasi. Ia merupakan penjahit dari bendera Sang Saka Merah putih yang nantinya akan dikibarkan tanggal 17 Agustus 945
  8. Setelah Indonesia merdeka dan Soekarno diangkat menjadi Presiden, Fatmawati harus menjalani hidup secara berpindah-pindah agar tidak tertangkap Belanda. Dalam memoarnya, Fatmawati pernah mengatakan bahwa keduanya pernah berpura-pura menjadi tukang pecel dan tukang sayur untuk menghindari pasukan Belanda.
  9. Fatmawati mengaku tak pernah merayakan ulang tahun pernikahannya dengan Soekarno karena pada saat itu Indonesia sedang berperang.
  10. Pernikahannya mengalami goncangan saat Soekarno mengungkapkan keinginannya untuk menikah dengan Hartini. Saat itu Fatmawati pergi dari istana negara sambil membawa Guntur yang baru lahir karena tidak setuju di poligami. Meskipun begitu Fatmawati dan Soekarno tidak bercerai sampai akhir hayat mereka.
  11. Fatmawati adalah ibu negara pertama sekaligus satu-satunya ibu negara (istri Soekarno) yang pernah melahirkan presiden (ibu dari Megawati).
  12. Fatmawati meninggal tanggal 14 Mei 1980 dalam perjalanan pulang umroh dari Mekah. Ia dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta. Fatmawati mendapatkan gelar Pahlawan Nasional melalui Keppres RI Nomor 118/TK/2000.

Sumber: Tirto.id, Liputan6.com dan Biografiku.com

#SUpayaKItaTAhu
#ProfilDanFaktaUnikFatmawatiIbuNegaraYangMenjahitBenderaPusaka
#Tokoh

Tags: Fatmawati, Pahlawan Nasional, Profil, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares