Profil dan Fakta Unik Abdurrahman Baswedan, Pahlawan Nasional Baru

Profil dan Fakta Unik Abdurrahman Baswedan

Memperingati Hari Pahlawan tahun 2018, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 pahlawan Indonesia. Salah satu Pahlawan Nasional yang baru adalah Abdurrahman Baswedan. Abdurrahman Baswedan adalah pejuang kemerdekaan Indonesia yang berhasil menyatukan keturunan Arab untuk mencintai Indonesia dan membela tanah airnya dari penjajah. Ia juga seorang perintis kemerdekaan yang berkontribusi dalam penyusunan UUD 1945.

Untuk mengenanal lebih dalah Pahlawan Nasional baru yang satu ini, SUKITA ID akan membagikan profil dan fakta unik Abdurrahman Baswedan!
  • Nama asli: Abdurrahman Baswedan
  • Dikenal juga sebagai: A. R. Baswedan
  • Tempat dan tanggal lahir: Surabaya, Jawa Timur, 9 September 1908
  • Wafat: Jakarta, 16 Maret 1986
  • Orangtua: Pangeran Masohut (Mas’ud) bin Pangeran Amir (Ayah) dan Gusti Hadijah binti Sultan Sulaiman (Ibu)
  • Istri: Sjaichun (tahun 1948 meninggal karena Malaria) dan Barkah Ganis (1950-1986)
  • Keturunan: 11 anak dan 45 cucu
Riwayat karir Abdurrahman Baswedan:
  • Redaktur Harian Sin Tit Po di Surabaya (1932)
  • Redaktur Harian Soeara Oemoem di Surabaya yang dipimpin dr. Soetomo (1933)
  • Redaktur Harian Matahari, Semarang (1934)
  • Penerbit dan Pemimpin Majalah Sadar. Pemimpin Redaksi Majalah internal PAI, Aliran Baroe (1935-1939)
  • Penerbit dan Pemimpin Majalah Nusaputra di Yogyakarta (1950-an)
  • Pemimpin Redaksi Majalah Hikmah. Pembantu Harian Mercusuar, Yogyakarta (1973)
  • Penasihat Redaksi Harian Masa Kini, Yogyakarta (1970-an)
  • Wakil Menteri Penerangan Indonesia (2 Oktober 1946-3 Juli 1947)
Riwayat pendidikan Abdurrahman Baswedan:
  1. Abdurrahman Baswedan merupakan keturunan Arab. Meskipun begitu, ia mengajak keturunan Arab lainnya untuk mencintai Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai tanah air mereka. Ia mendirikan Partai Arab Indonesia untuk menjadi wadah peranakan Arab untuk membela tanah airnya, Indonesia.
  2. Abdurrahman Baswedan pernah menulis “Peranakan Arab dan Totoknya” dan tampil di di majalah Matahari menggunakan surjan dan blangkon. Disana ia mengajak peranakan Arab (muwalad), warga Arab yang lahir di Indonesia dan totok (wulaiti), warga Arab yang lahir di Arab untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Tulisan ini dianggap sebagai salah satu catatan yang membentuk Indonesia versi majalah Tempo 2008.
  3. Abdurrahman Baswedan mendapatkan Bintang Mahaputra Utama berkat jasanya sebagai perintis kemerdekaan dan andilnya untuk ikut menyusun UUD 1945 dalam BPUPKI tanggal 9 November 1992. Ia juga mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana tanggal 10 Agustus 2013.
  4. Abdurrahman Baswedan menuliskan naskah autobiografinya di Jakarta pada akhir bulan Februari 1986. Dua minggu kemudian, kondisi kesehatannya menurun secara drastis. Abdurrahman Baswedan meninggal tanggal dan dimakamkan di TPU Taman Kusir.
  5. Abdurrahman Baswedan baru dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional tanggal 8 November 2018 sesuai dengan surat Keppres no. 123/TK tahun 2018 pada pemerintahan Presiden Jokowi.
  6. Abdurrahman Baswedan merupakan orang yang hidup dengan sangat sederhana. Ia tidak memiliki rumah sendiri hingga tutup usia. Ia tinggal di rumah pinjaman dari Haji Bilal di Kompleks Taman Yuwoo, Yogyakarta, yang waktu itu dipinjamkan untuk pejuang revolusi saat Ibukota RI pindah ke Yogyakarta. Mobil yang ia miliki merupakan hadiah ulang tahun ke-72 dari sahabatnya Adam Malik yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden.
  7. Dua cucu A. R. Baswedan yang paling terkenal adalah Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta 2017-2022) dan Novel Baswedan (penyidik KPK).
  8. Abdurrahman Baswedan dulu pernah meminta Anies Baswedan untuk mengetik surat mapun kolom di surat kabarnya. Ia hanya mengucapkan apa yang harus ditulis sementara Anies yang mengetik.

Sumber: Kompas.com dan Brilio.net

#SUpayaKItaTAhu
#ProfilDanFaktaUnikAbdurrahmanBaswedan
#Tokoh

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share