Pesan Pak Ciputra untuk Maba: Jangan Hanya Kejar IPK, Kejar Juga IPE

Jangan Hanya Kejar IPK

Apakah teman-teman SUKITA ID mengenal Pak Ciputra? Pria bernama asli Tjie Tjin Hoan ini adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Ia adalah seorang pengusaha properti sukses yang memiliki kekayaan sekitar 1,4 juta USD di tahun 2018. Tahun 2017, Pak Ciputra adalah Entrepreneur of The Year versi Ernst & Young. Di usinya yang akan mencapai 87 tahun tanggal 24 Agustus mendatang, ia telah memiliki Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group.

Kehebatannya dalan berbisnis ia bagikan juga dalam bidang pendidikan. Ia pernah memberikan pelatihan entrepreneurship kepada kurang lebih 1.600 dosen. Pak Ciputra juga ingin mahasiswa baru juga belajar untuk sukses. Saat diwawancarai oleh Merry Riana, ia juga menghimbau mahasiswa baru agar jangan hanya kejar IPK, tapi juga kejar IPE.

Apakah IPE yang dimaksud oleh Pak Ciputra?

IPE: Integritas, Profesional, Enterpreneurship

Integritas berarti mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. Integritas adalah satu kunci penting dalam kesuksesan. Sifat pantang menyerah, tak gampang mengeluh dan berani menghadapi tatangan adalah hal penting yang harus dimiliki mahasiswa baru saat menghadapi 4 tahun kuliahnya dan kehidupannya setelah kuliah.

Profesional berhubungan dengan profesi seseorang, bagaimana mereka bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Sebagai mahasiswa, kita perlu membangun citra profesional dari awal dengan mengerjakan tugas kuliah dengan baik, tanpa mencontek atau berbuat kecurangan lainnya. Kita juga perlu untuk selalu tepat waktu saat datang kuliah ataupun mengumpulkan tugas dan menjalani setiap hari di kuliah dengan makna.

Enterpreneurship adalah kewirausahaan. Pak Ciputra berharap maba bisa memupuk keinginan untuk membangun bisnis sejak masih muda dan memiliki banyak waktu. Ya, tidak ada yang salah dengan bekerja di perusahaan lain saat setelah lulus, tapi memiliki skill enterpreneurship bisa bermanfaat untuk mengembangkan daya kreatifitas, kemampuan negosiasi dan membangun kepribadian yang tangguh yang akan dibutuhkan siapa saja saat sedang merencanakan masa depannya.

Saat Pak Ciputra mengatakan bahwa mahasiswa baru jangan hanya kejar IPK, ia berharap generasi muda masa kini tak hanya perduli pada nilainya dan bisa membangun kepribadian dan networking baik untuk masa depannya. IPE adalah kemampuan penting yang dapat membawa setiap mahasiswa baru menghadapi perubahan lingkungan saat memasuki bangku kuliah dan menghadapi masa depan setelah berkuliah.

Apakah teman-teman SUKITA ID terarik untuk mengejar IPE saat kuliah?

#SUpayaKItaTAhu
#PesanPakCiputraUntukMabaJanganHanyaKejarIPKKejarJugaIPE
#Motivasi

Tag: ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares