Pencarian Korban Lion Air JT 610 Diperpanjang 3 Hari

Pencarian Korban Lion Air JT 610

Pencarian korban Lion Air JT 610 telah mencapai hari ke-11. Sejak jatuh di perairan Karawang pada hari Senin (29/10), tim penyelamat telah memperpanjang masa evakuasi korban sekali pada tanggal 4 November lalu. Kemarin (7/11) Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI Muhammad Syaugi menyatakan operasi evakuasi pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT-610 akan diperpanjang untuk kedua kalinya.

“Kami memutuskan untuk operasi evakuasi kami perpanjang 3 hari khusus untuk tim Basarnas,” kata Syaugi di Posko Evakuasi, Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

Penambahan masa evakuasi ini terjadi karena pihak Basarnas masih melihat ada potensi korban yang bisa ditemukan. Meski Basarnas akan tetap mencari korban, tim penyelamat dari instansi lain seperti TNI, Bakamla, Polri, Pertamina, hingga Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai RI (KLKP) dipersilahkan menyudahi operasi.

“Operasi kami perpanjang tiga hari khusus untuk tim Basarnas. Relawan lain kami ucapkan terima kasih, apresiasi sebesar-besarnya atas sinergitas dan dedikasi yang tinggi sehingga sampai hari ini kita berhasil menemukan 186 kantong jenazah yang sudah kita serahkan kepada tim DVI,” lanjut Syaugi.

Perpanjangan pencarian korban Lion Air JT 610 ini akan dilakukan dari mulai tanggal 8 hingga 10 November 2018. Basarnas akan mengerahkan 220 orang dan 60 orang penyelam untuk melakukan evakuasi. Sebanyak 40 penyelam akan berada di lautan untuk melakukan operasi sementara 20 penyelam lainnya akan berjaga dan siap sedia di posko.

Hingga kemarin tim Basarnas masih menemukan bagian tubuh korban. Sejauh ini Basarnas mengungkapkan sudah ada tren penurunan penemuan korban. Hingga kemarin (7/11) tim penyelamat telah mengumpulkan 186 kantung jenazah.

Seluruh kantung jenazah yang ditemukan langsung diserahkan ke tim Disaster Victim Investigation (DVI).  Hingga saat ini tim DVI telah berhasil identifikasi 51 jenazah dari 189 korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Tim penyelam masih berusaha untuk menemukan bagian tubuh korban lainnya sejauh 250 meter dari titik lokasi jatuhnya pesawat.

Menurut Syaugi masih ada kemungkinan pencarian korban Lion Air JT 610 akan diperpanjang lagi seandainya masih ada korban yang temukan. Pencarian korban Lion Air JT 610 baru akan benar-benar dihentikan jika tim penyelamat tak lagi menemukan korban selama 2 hari berturut-turut.

Sumber: Cnnindonesia.com dan Tempo.co

#SUpayaKItaTAhu
#PencarianKorbanLionAirJT610
#Terkini

Tag: ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares