Pahlawan yang Tanpa Sadar Sering Kita Abaikan

Pahlawan yang Tanpa Sadar Sering Kita Abaikan

Siapa sajakah nama pahlawan yang teman-teman SUKITA ID ingat? Soekarno, Hatta, Soedirman, I Gusti Ngurah Rai, Moh. Yani, dan sederet nama-nama pahlawan nasional lainnya pasti dengan lancar  bisa disebutkan satu persatu. Hari pahlawan identik dengan pahlawan-pahlawan masa perjuangan dan kemerdekaan di masa lalu. Namun, orang-orang yang bisa disebut sebagai seorang pahlawan tidak terbatas pada mereka saja. Di sekitar kita ada banyak sekali orang-orang lain yang bisa kita sebut sebagai pahlawan karena jasa-jasa mereka dalam hidup kita. Sayangnya pahlawan-pahlawan sering kita abaikan tanpa sadar. Kali ini SUKITA ID akan membahas 5 pahlawan yang tanpa sadar sering kita abaikan.

1. Office Boy dan Asisten Rumah Tangga

(Foto: http://tanganemasperkasa.com/)

OB dan ART adalah orang-orang yang membantu kita untuk menjalani hidup dengan lebih berkualitas, baik di kantor maupun rumah. OB seringkali menjadi orang pertama yang datang dan terakhir pulang dari kantor. Mereka mempersiapkan kebutuhan para karyawan, dari yang sederhana seperti mengisi air botol di atas meja, membeli makan siang sampai menjadi kurir dokumen penting.

Tugas ART pun tak kalah berat. ART bekerja keras menjaga rumah tetap bersih dan menyediakan kebutuhan pokok kita. Tugas mereka tak mengenal hari libur, pagi ataupun malam. ART juga menjadi orang kepercayaan kita untuk menjaga buah hati di rumah. Kita bisa mempercayakan rumah dan anak kita pada ART dan kebutuhan kantor kita pada OB, namun seringkali kita lupa untuk sejenak menatap mereka dan berterimakasih atas jasa mereka.

2. Satpam dan Sekuriti
(Foto: http://perusahaansatpamsecuritycianjur.blogspot.co.id/)

Ketika kebanyakan orang bersiap untuk beristirahat, satpam dan sekuriti malah baru mau memulai pekerjaannya. Di tengah malam, para petugas berbaju seragam putih-navy ini mengawasi keadaan sekitar kantor dan rumah dengan mata awas. Seringkali mereka diremehkan karena mereka tidak memakai seragam abu-abu polisi yang tampak gagah, namun jasa mereka tetap saja tak bisa dipandang sebelah mata.

Sekilas, tugas mereka mungkin tak tampak sepenting polisi. Satpam dan sekuriti “hanya” duduk di depan tempat jaganya dan sesekali berkeliling melakukan ronde. Tapi tugas mereka sangatlah beresiko. Pentungan mereka bukanlan apa-apa jika dibandingkan dengan pisau ataupun pistol milik perampok. Namun dengan gagah berani setiap hari mereka menjaga keamanan kompleks rumah dan kantor kita. Berkat merekalah kita bisa tidur nyenyak di malah hari.

3. Perawat
(Foto: http://ukwms.ac.id)

Ketika ada orang yang sakit, orang pertama yang biasa di cari adalah dokter. Namun orang yang pertama kali bertanggung jawab memeriksa pasien ketika mereka pertama kali sampai di rumah sakit adalah perawat. Perawat adalah orang yang memapah pasien ke kursi roda dan membantu pasien tidur di brankar. Perawat juga yang memasangkan infus, mengambil sample darah, menggantikan seprai yang kotor bahkan hingga membersihkan pasien yang tak mampu melakukannya sendiri. Mereka juga yang berjaga ditengah malam dan siaga jikalau bel kamar pasien berbunyi. Ya, berkat jasa permeriksaan dokter seorang pasien bisa didiagnosis dan diberikan pengobatan hingga pasien sembuh, namun jasa-jasa perawat juga tak bisa dilupakan.

4. Petani dan peternak
(Foto: depokpos.com)

Petani dan peternak mungkin adalah pahlawan-pahlawan yang tidak pernah kita lihat secara langsung. Kita hanya mengetahui mereka melalu beras yang kita beli, potongan daging hewan di pasar atau berita-berita di televisi dan koran. Seringkali tersiar kabar bagaimana cuaca tak bersahabat menggagalkan panen para petani atau penyakit hewan yang menghabiskan seluruh ternak hewan. Kadang kala kita iba pada nasib mereka, tapi tidak terlalu memikirkan jasa mereka dalam hidup kita. Mereka adalah orang-orang yang menyediakan bahan makanan untuk kita semua. Tanpa mereka kita akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makan setiap hari. Selalu hargai mereka dengan menghabiskan makanan hasilkan dengan kerja keras.

5. Guru
(Foto: http://edunetion.blogspot.co.id)

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dulu, pada zaman orang tua kita, menjadi guru adalah pekerjaan idaman dan dihormati. Namun sekarang sering kali kita mendengar kisah guru yang dipidanakan oleh orangtua muridnya hanya karena masalah-masalah sepele. Memang, ada beberapa guru yang benar-benar bersalah dan patut masuk penjara karena kelakuannya yang melanggar kode etik. Hanya saja ketika guru disalahkan hanya karena menjalankan tugasnya, jasa-jasa guru sebagai seorang pahlawan telah ternodai oleh keegoisan bangsa. Kemajuan bangsa adalah hasil kerja keras guru juga. Ingatlah selalu ilmu padi yang semakin berisi malah semakin menunduk. Hormatilah mereka seperti kita mengormati orang tua kita sendiri.

Itu adalah para pahlawan modern yang ada di hidup kita. Sudahkah kamu berterima kasih kepada mereka hari ini?

#SUpayaKItaTAhu
#HariPahlawanNasional
#Profesi

Tags: Hari Pahlawan Nasional, Profesi, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares