MUI Minta Program Ramadan yang Tak Mendidik Dihentikan, Warganet Setuju

MUI Minta Program Ramadan yang Tak Mendidik Dihentikan

Selasa (05/06/2018) Majelis Ulama Indonesia merilis hasil laporan hasil pantauan 15 tayangan televisi edisi Ramadan. MUI mengerahkan 4 komisinya, Komisi Infokom, Komisi Fatwa, Komisi Dakwah, serta Komisi Kajian dan Pendidikan, untuk mengkaji acara tersebut selama 10 hari pertama bulan puasa. Keempat komisi tersebut menemukan 5 program Ramadan dianggap tidak sesuai dengan semangat Ramadan sehingga MUI minta program Ramadan yang tak mendidik dihentikan.

Kelima program Ramadan yang mendapat teguran keras dari MUI itu adalah Ramadan di Rumah Uya (Trans 7), Brownies Sahur (Trans TV), Ngabuburit Happy (Trans TV), Sahurnya Pesbukers (ANTV), dan Pesbukers Ramadhan (ANTV). Dari hasil pemantauan empat komisi dan aduan masyarakat, MUI menemukan bahwa kelima acara itu hanya menampilkan lelucon, joget-joget, dan tidak memberikan edukasi kepada masyarakat terkait nilai-nilai Ramadan. Bahkan konten beberapa malah berisi gibah, pengumbaran aib dan mempertunjukan aurat yang jauh berbeda dari semangat Ramadan.

Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, Rida Hesti Ratnasari, meminta KPI menindak tegas program bertema Ramadan yang dianggap menyimpang tersebut. Ia menyarankan KPI untuk segera menghentikan program-program bertema Ramadan lain yang jauh dari nilai-nilai religius. Selain itu, Rida juga meminta televisi untuk lebih selektif dalam memilih pendakwah dalam acara-acara sahur maupun buka puasa.

Tak hanya setuju pada permintaan MUI, warganetjuga  minta program-program tersebut dihentikan untuk seterusnya. Berikut adalah beberapa komentar positif warganet atas permintaan MUI yang SUKITA ID kutip dari berbagai sumber:

Heri Soemarsono “Setuju karena acara tersebut tidak ada manfaatnya kko perlu untuk seterusnya itu hanya sekedar bisnis jadi lebih cepat lebih baik.”

Tulus Soeteng IGr “Setuju banget lah, masyarakat kita sudah bodoh jangan dibodoh-bodohi lagi dengan tayangan yg seperti itu. Kasihan ntar negara ini mau di bawa kemana. Mending acaranya yang edukatif dan religi. Belajar dari negara-negara maju. Kalau kayak gitu terus 10 20 30 tahun lagi penerus bangsa kita bermental kerupuk.”

Aunty Enny “Setuju, saya gak pernah nonton acara itu, anak anak juga saya larang keras karena jauh dari unsur mendikdik yang ada malah contoh perselingkuhan dan pertikaian. Kalau bisa jangan Ramadan aja di hentikan, untuk selamanya, lagian artisnya seperti Ayu Ting Ting dll memakai baju tidak menutup aurat tapi pakai gaun mini diatas lutut.”

Hasna AssawalaSaya sangat setuju dengan penilaian dan pendapat MUI. Karena acaranya tidak sesuai dengan tema RAMADAN. Malu mauin aja.”

Nyiayu NellyCoba isi film-film tentang sejarah islam. Ada juga kan kartun-kartun tentang cerita sahabat nabi tu seperti di NET TV. Kalau gak salah ada film kartun berisi cerita tentang sahabat nabi. Itu lebih bagus di tonton anak-anak.”

Sony AslesmanaOk saya setuju sama MUI stop acara Persebukers Ramadan dan Pesbukers Sahur jangan tayang lagi puasa tahun depan.”

Paulus Marolop SilalahiKalau boleh jangan cuma bulan puasa aja pak MUI, selamanya ditutup. Dan masih banyak lagi acara acara sekarang 100% membuat hal negatif kepada penonton. Bukan cuma acaranya, sekalian artis artis nya di block dari tv. Masih banyak yg harus dipertontonkan yang lebih membangun dan positif.”

Bagaimana pendapat teman-teman SUKITA ID atas masalah ini?

#SUpayaKItaTAhu
#MUIMintaProgramRamadanYangTakMendidikDihentikanWarganetSetuju
#Terkini

Tags: MUI, SUpayaKItaTAhu, Televisi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares