Motivasi Puasa yang Tercermin dari Kata PUASA

Motivasi Puasa

Apa yang menurut teman-teman SUKITA ID harus lakukan saat berpuasa? Apakah cukup selama satu bulan Ramadan ini kita hanya tidak makan dan minum di siang dan sore hari, menunggu magrib lalu makan? Kita memang wajib untuk menahan rasa lapar dan rasa haus tapi sesungguhnya puasa lebih dari itu. Ada 5 motivasi puasa yang harus kamu lakukan di bulan suci ini.

Sebenarnya kata PUASA itu punya makna penting tentang puasa di setiap hurufnya loh. Gak percaya? Lihat 5 Motivasi puasa dibawah ini!
1. (P) ikiran negatif dan prasangka buruk harus dikurangi.
Motivasi Puasa
(Foto: toutube.com/ThinkTank)

Usahakanlah untuk selalu memasang mindset positif saat menghadapi apapun, meskipun saat itu kamu sendiri dalam keaadaan yang tidak menyenangkan. Berbaiksangkalah setiap kali kamu berada dalam masalah ataupun bertemu dengan orang menebarkan aura negatif.

2. (U) capan harus dijaga
Motivasi Puasa
(Foto: mckaycaston.com)

Jagalah lisanmu. Kurangilah bergosip dan berbohong. Di bulan puasa ini sebaiknya kamu juga menghindari untuk berkata-kata kasar ataupun menghina orang lain. Seandainya kamu tidak memiliki hal baik untuk dikatakan, tidak ada salahnya kamu diam saja.

3. (A) marah digantikan dengan kesabaran
Motivasi Puasa
(Foto: suherlin.com)

Kamu akan tetap mengalami bentrokan-bentrokan dengan keluarga maupun rekan kerja saat berativitasi di bulan Ramadan. Apalagi orang-orang akan lebih mudah tersulut emosi saat berada dalam keadaan lapar. Ingatlah bahwa kesabaran adalah sesuatu yang akan dilatih saat sedang berpuasa. Tenangkan dirimu saat menghadapi masalah apapun dan bersabarlah.

4. (S) elalu hormati sesama
Motivasi Puasa
(Foto: teto-and-rin.deviantart.com)

Tidak semua orang akan berpuasa pada saat Ramadan. Ada anak kecil, wanita haid, ibu hamil ataupun teman yang beragama lain yang akan makan pada saat kamu sedang berpuasa. Cobaanmu saat berpuasa akan lebih berat lagi saat kamu tinggal di negara dimana penduduk beragama muslim adalah minoritas. Hargailah setiap perbedaan yang ada sekaligus tetaplah teguh pada alasan mengapa kamu ingin berpuasa, yaitu untuk mendapatkan pengampuan dari Allah.

5. (A) mal ibadah diperbanyak
Motivasi Puasa
(Foto: spescordis.org)

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Tak hanya berkah untukmu, kamu juga bisa berbagi berkah dengan orang lain. Perbanyaklah amal ibadah dengan semakin banyak berbagi dengan sesama. Misalnya kamu bisa mengajar ngaji di lingkungan masjid, berbagi sedekah pada fakir miskin ataupun menggalang dana untuk membuat acara buka dan sahur bersama di panti asuhan.

Nah itulah 5 motivasi puasa yang bisa kamu pelajari dari huruf PUASA. Bagaimana dengan motivasi PUASA menurut pendapat teman-teman SUKITA ID?

#SUpayaKItaTAhu
#MotivasiPuasaYangTercerminDariKataPUASA
#Motivasi

Tags: Bulan Ramadan, Puasa, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares