3 Hal Baru ini Diterapkan Demi Kelancaran Lalu Lintas Saat Asian Games

Lalu Lintas Saat Asian Games

Asian Games tinggal satu bulan lagi, apakah teman-teman SUKITA ID sudah siap menonton perlombaan olahraga terbesar di Asia ini? Asian Games 2018 akan melombakan 40 cabang olahraga dan dilaksanakan di dua kota, Jakarta dan Palembang. Asian Games ke-18  akan dimulai tanggal 18 Agustus 2018 dan diakhiri tanggal 2 September 2018.

Untuk menyambut Asian Games, Indonesia tak hanya menyediakan fasilitas berupa rumah tinggal dan stadium olahraga. Selain warga Indonesia, akan ada atlet dari luar negeri serta turis yang datang untuk menonton Asian Games. Pemerintahan DKI Jakarta juga mulai berbenah demi kelancaran lalu lintas saat Asian Games. Untuk itu ada 3 hal baru yang diterapkan demi kelancaran lalu lintas saat Asian Games di Jakarta.

1. Kendaraan listrik
Lalu Lintas Saat Asian Games
(Foto: Tribunnews.com)

Kendaraan masa depan ini akan digunakan sebagai alat antar dan jemput atlet serta pendamping atlet Asian Games. Sudah ada prototype mobil listrik, bus listrik serta motor listrik di Indonesia. Saat ini Kementrian Perhubungan sedang bekerja sama dengan Taxi Blue Bird untuk menyiapkan mobil listrik di Asian Games 2018.

Tahun ini Taksi Blue Bird sudah beli mobil listrik kurang lebih 100-200 unit, dalam rangka menyambut Asian Games dia masukan mobil listrik,” kata Direktur Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani di Jakarta Pusat, Jumat malam, (6/7/2018).

2. Kebijakan plat nomor ganjil genap kembali diterapkan
Lalu Lintas Saat Asian Games
(Foto: fl4t4rt.blogspot.com)

Untuk mengurangi volume kendaraan sebulan sebelum dan saat pertandingan Asian Games, Pemerintah Jakarta mengatur bahwa hanya mobil plat ganji pada tanggal ganjil dan mobil plat genap pada tanggal genap yang bisa digunakan melintasi jalan melalui jalan tertentu.

Percobaan plat nomor ganjil genap telah diberlakukan dari tanggal 2 Juli 2018 hingga 31 Juli 2018 nanti. Kemudian mulai tanggal 1 Agustus 2018 akan ada perluasan area plat nomor ganjil genap. Perpanjangan aturan ganjil genap akan berlaku pada hari Senin hingga Minggu, dari pukul 06.00-21.00 WIB, atau selama 15 jam terus-menerus di hari kerja.

Inilah beberapa jalan akan yang akan menerapkan kebijakan plat nomor ganjil genap demi kelanjaran lalu lintas saat Asian Games ya:
  1. Jl. Medan Merdekat Barat
  2. Jl. MH. Thamrin
  3. Jl. Jenderal Sudirman
  4. Jl. Sisingamangaraja
  5. Jl. Jenderal Gatot Subroto (simpang: Kuning-Slipi)
  6. Jl. Jenderal S Parman (simpang: Slipi-Tomang)
  7. Jl. MT Haryono (simpang: UKI-Pancoran-Kuningan)
  8. Jl. HR Rasuna Said
  9. Jl. Jenderal DI Panjaitan (simpang: Pemuda-Kalimalang-UKI)
  10. Jl. Benyamin Sueb (simpang: Benyamin Sueb-Kupingan Ancol)
  11. Jl. Metro Pondok Indah (simpang: Kartini-Pomdok Indah-Bungur-Gandaria City- Kebayora Lama)
  12. Jl. RA Kartini
3. Ada jalur khusus Asian Games
Lalu Lintas Saat Asian Games
(Foto: liputan6.com)

Jalur khusus ini akan digunakan oleh bus kontingen negara yang berlomba di Jakarta pada Asian Games 2018. Ada 8 rute perjalanan khusus Asian Games yang sudah disiapkan pemerinta DKI Jakarta. Rute tersebut terdiri dari perjalanan atlet dari Wisma Atlet Kemayoran sampai ke beberapa venue seperti Gelora Bung Karno, Lapangan Golf Pondok Indah untuk cabang olahraga golf, Taman Mini Indonesia Indah untuk cabang olahraga pencak silat dan Velodrome, Jakarta Timur, untuk cabang olahraga balap sepeda. Jalur khusus ini telah ada sejak bulan April 2018 lalu.

Berlakunya 3 kebijakan baru menjelang Asian Games ini diharapkan bisa menjaga kenyamanan dan keamanan dari semua pihak selama acara ini berlangsung. Semoga saja Asian Games 2018 bisa terselenggara dengan lancar ya, teman-teman SUKITA ID!

Sumber: Tribunnews.comTirto.id dan Kompas.com

#SUpayaKItaTAhu
#2HalBaruIniDiterapkanDemiKelancaranLaluLintasSaatAsianGames
#Terkini

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares