Keren, Seniman Indonesia ini Buat Wayang Avengers!

Wayang avengers

Warga Indonesia memang patut berbangga atas kreasi anak bangsa. Wayang kulit, salah satu kerajinan rakyat Indonesia, semakin mendunia berkat Is Yuniarto. Seniman asal Surabaya ini dilirik oleh pihak Walt Disney karena kreasinya yang memadukan budaya Indonesia dengan tokoh film Avengers. Is Yuniarto membawa wayang Avengers untuk bertemu dengan sutradara, aktor dan aktris film Avengers yang asli.

Berkenalan dengan Is Yuniarto, pencipta ide wayang Avengers

Is Yuniarto adalah seorang komikus Indonesia yang telah debut di Indonesia sejak tahun 2005. Salah satu komiknya yang paling terkenal berjudul Garudayana. Komik Garudayana bercerita tentang Kirana, seorang gadis pencari harta karun, dan Garu (garuda kecil) sahabatnya. Disini Is mengisahkan perwayangan dengan cerita latar belakang cerita Mahabrata.

“Dalam komik itu saya bereksperimen, membuat karakter baru dan alur cerita yang baru. Saya menggambar karakter itu secara modern agar menarik, seperti komik Jepang,” kata Is saat diwawancarai CNNIndonesia.com, Rabu (18/4).

Garudaya telah terbit sejak tanggal 18 Agustus 2008 hingga saat ini masih berlanjut di sebuah situs komik online. Kecintaannya pada budaya Indonesia yang didukung dengan bakat seni membuat Is terus memadukan budaya Indonesia dan budaya modern supaya lebih dikenal oleh generasi muda. Is membuat ilustrasi wayang Avengers, perpaduan antara budaya Jawa dan superhero Hollywood.

Wayang Avengers bertemu dengan tokoh Marvels
Wayang avengers
(Foto: facebook.com/isyun)

Awalnya Is hanya membuat wayang Avengers di akun instagramnya @is.yuniarto.Ternyata reaksi positif yang diberikan warganet atas karyanya membuat karyanya diperhatikan oleh Walt Disney Indonesia. Maret 2018 lalu pihak Disney mengajak Is datang ke Singapura ke perayaan 10 tahun Mavel Cinematic Universe di Marina Bay Sands. Is pun segera mencari pengrajin wayang Solo untuk mewujudkan ilustrasi wayang Avengers miliknya.

Di Marina Bay Sand pada hari Senin lalu (16/04/2018,  Is bertemu dengan Sutradara Joe Russo serta aktor Benedict Cumberbatch dan Karen Gillan. Is memberikan poster film Avengers: Infinity Wars, karakter Doctor Strange serta Nebula versi wayang kulit sebagai kenang-kenangan untuk ketiga tokoh penting Marvel ini.

Ketiga tokoh penting Marvel ini sangat antusias saat menerima wayang Avengers. Apalagi setelah Is menceritakan bahwa kesenian Indonesia yang satu ini mendapat pengakuan Master Piece dari UNESCO.

“Saya juga cerita ini sudah ratusan tahun jadi medium untuk bercerita seperti film. Mereka bilang awesome,” kata Is.

Is juga membuat wayang karakter Iron Man meskipun ia tidak bisa memberikannya secara langsung karena pemeran Iron Man, Robert Downey Jr, punya jadwal lain. Akhirnya ia menitipkan wayang Iron Man kepada Disney.

Penasaran seperti apa detail dari wayang Avengers? Lihat ketiga foto ini!
Iron Man

Doctor Strange

Nebula

Bagaimana pendapat teman-teman SUKITA ID tentang wayang Avengers karya Is Yuniarto? Keren kan? Semoga saja setelah ini semakin banyak karya anak bangsa yang bisa go internasional ya!

#SUpayaKItaTAhu
#KerenSenimanIndonesiaIniBuatWayangAvengers
#Terkini

Tags: Buatan Anak Indonesia, Is Yuniarto, Komikus, Seniman Kreatif, SUpayaKItaTAhu, Wayang Avengers

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares