Kabar ini “Hoax” atau Bukan sih? Ini Cara untuk Mengetahuinya!

Hoax atau bukan

Masalah informasi di Indonesia seperti tidak ada habisnya. Setelah masa-masa pemerintahan otoriter yang mengekang ruang gerak pers, sekarang masyarakat Indonesia harus menghadapi kabar-kabar hoax yang merajalela di media sosial. Terkadang saat melihat kabar berjudul kontroversial kita jadi tertarik untuk membaca, marah-marah dan ikut-ikutan menyebar berita itu. Padahal berita itu hoax atau bukan kadang kita sendiripun masih belum yakin.

Jadi bagaimana sih cara teman-teman SUKITA ID bisa tahu kabar itu hoax atau bukan? Coba cek beritanya dengan 8 langkah ini!
Hoax atau bukan
(Foto: viva.co.id)

Ternyata untuk tahu berita itu hoax atau bukan cukup mudah ya? Yang paling penting adalah kamu selalu baca dan cek ricek dulu kebenarannya. Banyak-banyak membaca berita-berita lain dari sumber terpecaya agar tidak mudah tertipu dengan judul-judul bombastis. Jangan percaya kabar-kabar yang terkesan dilebih-lebihkan dan berasal dari sumber yang tidak jelas asal usulnya. Biasanya berita-berita seperti itu adalah hoax.

Kalau kamu tidak percaya pada kebenaran kabar itu, lebih baik jangan dibagikan kemanapun. Jika kamu membaca kabar hoax dan berita negatif di media sosial, segera laporkan itu pada pengelolah sosial media. Seandainya kamu menemukan berita-berita yang terbukti hoax, jangan takut untuk melaporkannya pada keminfo atau situs turnbackhoax.id.  Jangan biarkan kabar-kabar hoax itu menganggu ketentraman hidup kita. Say no to hoax!

Sumber: viva.co.id

#SUpayaKItaTAhu
#BeritaIniHoaxAtauBukanSihIniCaraUntukMengetahuinya
#Tips

Tags: Hoax, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares