Jumlah Cuti Bersama Tidak Berubah, Libur Lebaran Tetap 12 Hari!

Jumlah Cuti Bersama Tidak Berubah

Kabar gembira untuk pegawai di Indonesia! Evaluasi ulang mengenai jumlah cuti bersama libur lebaran telah usai. Hari ini (07/05/2018) Pemerintah akhirnya memutuskan bahwa jumlah cuti bersama tidak berubah, masih sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Ini berarti pegawai di Indonesia bisa merasakan libur Lebaran 2018 selama 12 hari!

Meskipun SKB 3 Menteri sempat menimbulkan pro dan kontra, Puan Maharani hari ini mengumumkan jumlah cuti bersama tidak berubah

Tanggal 18 April lalu Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. SKB tersebut berisi tentang penambahan jumlah libur cuti bersama lebaran 2018 dari 4 hari menjadi 7 hari. Adapun detail cuti bersama bisa dilihat di dalam gambar yang diunggah akun twitter Kementrian Sosial (18/04/2018)

Jumlah Cuti Bersama Tidak Berubah
(Foto: twitter.com/KemensosRI)

Bedasarkan SKB 3 Menteri tersebut, libur lebaran 2018  awalnya hanya dua hari sebelum lebaran (tanggal 13 dan 14) dan dua hari setelah lebaran (18 dan 19). Cuti bersama ditambahkan pada tanggal 11 dan 12 Juni  sebelum lebaran serta tanggal 20 Juni setelah lebara. Tanggal 9, 10 dan 17 Juni adalah akhir pekan. Ini berarti untuk pegawai yang tidak masuk pada hari Sabtu bisa menikmati lebaran sebanyak 12 hari.

SKB 3 Menteri ini sempat menimbulkan pro dan kontra diantara pengusaha dan pegawai. Pengusaha sempat memprotes keputusan ini karena dianggap akan mengganggu kegiatan industri dan menurunkan omzet pendapatan. Menurut data dari CNN Indonesia, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman menyebut jumlah potensi kehilangan pendapatan itu sekitar 30 persen dari rata-rata pendapatan industri makanan dan minuman nasional sebesar Rp150 triliun per bulan. Ini sebabnya pemerintah melakukan evaluasi pada SKB 3 Menteri.

Setelah mundur 3 hari dari jadwal pengumuman yang awalnya ditetapkan (04/04/2018), hari ini Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani sebagai saksi SKB 3 Menteri mengumumkan bahwa jumlah cuti bersama tidak berubah. Meskipun begitu, pemerintah mengeluarkan 8 keputusan untuk mengakomodir pendapat pelaku industri. Berikut hasil delapan keputusannya:

Jumlah Cuti Bersama Tidak Berubah
(Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)
Jumlah Cuti Bersama Tidak Berubah
(Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)

Setelah pengumuman ini maka bisa dipastikan bahwa tidak ada perubahan pada jadwal cuti bersama lebaran 2018. Pegawai di Indonesia kini bisa karena tak perlu mengubah jadwal mudik lagi. Ngomong-ngomong apakah teman-teman SUKITA ID sudah membeli tiket? Semoga tiketnya belum kehabisan ya!

Sumber: CNN Indonesia, Liputan 6

#SUpayaKItaTAhu
#HoreCutiBersamaTidakBerubahLiburLebaranTetap11Hari
#Terkini

Tags: Cuti Bersama, Lebaran 2018, SKB 3 Menteri, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares