Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap, Kebun Angin Terbesar di Asia Tenggara

Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

Senin (02/07/2018), Presiden Jokowi resmikan PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan. Presiden Jokowi datang ke perbukitan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang tempat dimana kincir angin didirikan. PLTB Sidrap terdiri atas jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter. Kawasan pebukitan Watang Pulu dipilih menjadi tempat dibangungnya PLTB karena memiliki potensi angin yang bagus dengan perkiraan kecepatan angin berkisar tujuh meter per detik yang cocok untuk kebutuhan menggerakkan baling-baling PLTB.

PLTB Sidrap sudah direncakan sejak bulan Agustus 2015.  Tiang-tiang menara yang dibuat di Cilegon, Banten lalu dikirim ke Kota Parepare dengan kapal tongkang sejak bulan Juni 2016. Mesin-mesin turbin dikirim dari Spanyol dan bilah baling-baling dikirim dari China melalui Lautan Pasifik. Setelah dua tahun konstruksi di mulai, akhirnya penduduk Sulawesi bisa menikmati program energi terbarukan ini.

Seperti inilah penampilan PLTB Sidrap yang disebut sebagai Kebun Angin oleh Presiden Jokowi

#JKWVLOG KEBUN ANGIN

Sore di perbukitan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, di bawah tiang-tiang kincir angin pembangkit listrik yang baling-balingnya terus berputar. Inilah PLTB Sidrap yang sudah beroperasi, yang akan disusul pembangkit listrik tenaga bayu lainnya di Jeneponto, Tanah Laut, dan Sukabumi.

Posted by Presiden Joko Widodo on Tuesday, July 3, 2018

Turbin-turbin menara ini dapat menghasilkan total 75 megawatt yang diperkirakan akan mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA. Berkat PLTB Sidrap, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99 persen. Jumlah ini berada sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen.

PLTB Sidrap adalah satu dari tiga proyek infrastruktur ketenagalistrikan yang diresmikan presiden Senin lalu. Dua infrastruktur lainnya adalah PLTU Punagaya dan PLTU Independent Power Producer Jeneponto Ekspansi yang juga akan beroperasi di Sulawesi Selatan. Selain itu, ada tiga pembangkit yang dimulai pembangunannya yaitu PLTU Sulsel Baru 2, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Luwuk, dan PLTB Tolo di Jeneponto.

Tak hanya berguna untuk masyarakat Sulawesi Selatan untuk mengatasi masalah listrik, PLTB Sidrap juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk travel. Dalam pidatonya saat peresmianpun Presiden Jokowi mengatakan bahwa dia merasa berada di Belanda meskipun saat ini sedang di Indonesia. Kebun angin pertama di Indonesia ini merupakan kebun angin terbesar di Asia Tenggara. Pemandangan PLTB dari jauh juga sangat indah dan dikelilingi oleh ratusan pohon hijau di perbukitan. Jika teman-teman SUKITA ID sempat, coba berkunjung ke PLTB Sidrap ya!

#SUpayaKItaTAhu
#PresidenJokowiResmikanPLTBSidrapDiSulawesiSelatan
#Terkini

Tags: PLTB Indonesia, PLTB Sidrap, Presiden Jokowi, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares