Ingin Menjaga Kesehatan Mata? Lakukan ini!

menjaga kesehatan mata

Apakah teman-teman SUKITA ID sedang bingung karena penglihatanmu makin lama kok makin terasa buram? Atau sedang khawatir sebab di keluargamu ada riwayat penyakit mata yang serius? Ingin menjaga kesehatan mata? Lakukan ini!

1. Aktif berolahraga

Di saat usia kita tua, kita akan lebih muda terkena age macular degeneration yang bisa membuat kemampuan mata menurun hingga mengalami kebutaan. Olahraga dapat membantu untuk menunda proses ini.

2. Istirahatkanlah mata saat bekerja
menjaga kesehatan mata
(Foto: medicalnewstoday.com)

Saat bekerja kamu akan terus menerus menatap layar komputer. Oleh sebab itu usahakan untuk memejamkan mata sekitar 20 detik setiap 20 menit. Kamu juga bisa sesekali memandang benda-benda yang letaknya jauh untuk melatih otot mata yang lelah karena harus terus menerus melihat objek yang dekat.

3. Tidur cukup

Jangan paksakan diri untuk bangun saat seharusnya kamu tidur, matamu bisa berubah menjadi merah. Selain untuk kesehatan mata, tidur yang cukup akan membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

4. Makan sayuran hijau
menjaga kesehatan mata
(Foto: gulalives.co)

Sayur-sayuran hijau dan wortel telah dikenal dengan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain makan sayuran, kamu juga bisa memakan buah-buahan yang kaya dengan vitamin A seperti apel, pisang, pepaya dan alpukat.

5. Kontrol makanan bergula, berlemak dan kolesterol tinggi

Makanan dengan kandungan gula, lemak dan koresterol tinggi secara berlebihan dan sering akan bisa menyebabkan berbagai penyakit. Diabetes, hipertensi dan kolesterol akan mengancam kesehatan mata.

6. Berhenti merokok
menjaga kesehatan mata
(Foto: focus.de)

Merokok bisa meningkatkan resiko terkena katarak dan penyakit mata lainnya. Sayangnya ini tidak hanya mempengaruhi perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Oleh sebab itu berhentilah merokok.

7. Gunakan kacamata hitam

Sinar UV yang menusuk langsung ke matamu bisa berbahaya, bahkan meskipun saat itu sedang berawan. Gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi matamu dari sinar UV terutama saat kamu akan pergi ke tempat seperti pantai.

8. Minum suplemen untuk mata
menjaga kesehatan mata
(Foto: honeycolony.com)
9. Jaga kebersihan tempat softlens

Mungkin kita sudah rajin membersihkan softlens dan mengganti air untuk penyimpannya, namun kebersihan tempat sotflens sering kali dilupakan. Kotak softlens yang biasa di taruh di tas, kantong baju dan tempat terbuka lainnya bisa berisiko sebagai tempat bakteri berkembang. Gantilah tempat softlens setiap dua tiga bulan sekali.

10. Periksa ke dokter
menjaga kesehatan mata
(Foto: rd.com)

Periksalah ke dokter mata untuk mengetahui kondisi matamu. Selain itu, mendeteksi dan mengobati penyakit-penyaki yang bisa mengancam mata seperti diabetes, kolesterol dan darah tinggi akan membantu mengurangi resiko mata rusak.

Nah itu dia 10 cara untuk menjaga kesehatan mata. Selamat mencoba!

#SUpayaKItaTAhu
#InginMenjagaKesehatanMataLakukanIni
#Tips

Tags: Kesehatan, Mata, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares