Ingin Memahami Tingkah Laku Anjing? Dog Lovers Harus Kenali 16 Tanda ini! (Part 1)

Memahami tingkah laku anjing

Apakah teman-teman SUKITA ID baru saja memiliki anjing? Jika ini adalah kali pertama kamu memiliki anjing, kamu pasti sedang mencari cara untuk memahami tingkah laku anjing dan mencari cara untuk mendekatinya. Hewan yang mendapat julukan sebagai sahabat terbaik manusia ini adalah jenis hewan yang ekspresif, kamu hanya perlu memperhatikan ekor, telinga, mata dan gaya berdirinya untuk mengetahui mood hewan peliharanmu dan bagaimana kamu harus bereaksi untuk menanggapinya.

Jika teman-teman SUKITA ID ingin memahami tingkah laku anjing, perhatikan 16 tanda berikut ini!
1. Ekor anjing turun dan mengibas
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Ekor anjing adalah salah satu penanda penting yang harus kamu perhatikan jika ingin memahami tingkah laku anjing. Jika ekor anjingmu turun dan mengibas perlahan, saat itu ia sedang kebingungan dan menunggu perintah darimu. Jika ekor anjingmu turun dan mengibas dengan kencang, tandanya ia sedang dalam kondisi tenang dan tahu bahwa kamulah yang berkuasa disini.

2. Ekor anjing naik
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Saat ekor anjingmu naik dan mengibas, ini adalah tanda bahwa ia sedang merasa berani dan kuat. Saat ini dia percaya diri bahwa ia bisa berkuasa diatasmu dan mungkin melakukan beberapa hal nakal yang biasanya kamu larang untuk lakukan. Saat ini terjadi, tenangkan anjingmu dan menjunjukkan siapa bosnya.

3. Ekor anjing terselip di belakang kakinya
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Saat hewan kesayanganmu melakukan ini, kemungkinan besar mereka sedang merasa ketakutan, kesakitan ataupun merasa tidak nyaman. Biasanya mereka melakukan ini saat sedang merasa ada bahaya yang mengancam atau bertemu dengan seseorang yang tidak ia sukai. Namun jika peliharaanmu suka melakukan ini tanpa alasan, akan lebih baik membawanya ke dokter untuk diperiksa.

4. Matanya terbuka terbuka lebar dan kelihatan awas
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Ada dua kemungkinan saat anjingmu menunjukkan bahasa tubuh yang satu ini. Pertama, dia sedang meminta perhatianmu dan mengajakmu bermain. Kedua, dia sedang “menantangmu” dan ingin mengunjukkan dia berkuasa. Jika hal kedua yang terjadi, ingat nomor dua. Kamu harus menenangkannya dan menunjukkan siapa yang berkuasa. Jika kamu bertemu dengan anjing asing dengan mata yang terbuka lebar dan awas, sebaiknya kamu menghindari untuk menatapnya secara langsung karena ini bisa dianggap tantangan oleh anjing.

5. Matanya menyipit dan sering berkedip
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Saat anjing melakukan ini, dia sedang dalam mood yang bagus dan mengajakmu untuk bermain. Ini adalah saat yang paling tepat untuk bermain lempar tangkap bola! Namun jika anjingmu selalu menyipit, bisa jadi saat itu dia sedang kesakitan. Segera bawa ke dokter ya!

6. Kupingnya berdiri tegak dan terlihat condong ke depan
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Kuping anjing adalah salah satu bagian tubuh anjing yang sangat reaktif pada moodnya. Jika hewan kesayanganmu melakukannya, ini berarti dia insting ingin tahunya sedang bekerja. Anjing sedang memperhatikan keadaan sekitar secara seksama dan siap bereaksi jika ada sesuatu yang terjadi.

7. Kupingnya turun dan menyentuh kepalanya
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Mirip seperti nomor tiga, kuping anjing yang turun juga menunjukkan rasa takut pada ancaman atau orang lain. Jika satu kuping turun, biasanya kuping yang sebelah kiri, ini biasanya reaksi saat bertemu dengan orang baru. Untuk menenangkannya, cobalah untuk menepuk kepalanya.

8. Anjing menguap
Memahami tingkah laku anjing
(Foto: youtube.com/BRIGHT SIDE)

Saat anjing menguap, ada tiga kemungkinan yang terjadi. Pertama, ia sedang gugup karena berada diantara manusia atau hewan lain yang terasa mengintimidasinya. Kedua, jika ia menguap di depanmu, ini adalah tanda bahwa anjingmu merasa dekat dan terikat denganmu. Ketiga, kemungkinan besar dia hanya ngantuk.

Nah, itulah 8 dari 16 tanda yang setiap dog lovers harus pahami untuk memahami tingkah laku anjing. Delapan tanda berikutnya akan dibagikan SUKITA ID pada artikel selanjutnya ya!

Sumber: Bright Side

#SUpayaKItaTAhu
#MemahamiTingkahLakuAnjing
#Hubungan

Tags: Anjing, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares