Hari ini Pesawat InSight NASA Akan Mendarat di Mars

pesawat InSight NASA

Impian manusia untuk melihat kondisi Mars secara langsung akan segera terwujud. Tanggal 5 Mei 2018 lalu NASA meluncurkan pesawat tanpa awak InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) untuk menjelajahi Mars. Sejak awal NASA memperkirakan perjalanan sejauh 485 juta km ini akan memakan waktu enam bulan. Hari ini (26/11) pesawat InSight NASA akan mendarat di Mars.

Pesawat tanpa awak ini mendarat di Mars dengan misi mempelajari bagian dalam planet. InSigh akan mencari  mencari data mengenai tanda-tanda vital Mars seperti kondisi seismik, geodesi, dan transportasi panas Mars. Ini adalah misi pertama di dunia untuk menyelidiki bagian dalam Mars.

Menurut ilmuan NASA, pesawat Insight NASA telah diarahkan untuk mendarat di dataran vulkanik besar bernama Elysium Platina. Mereka mengatakan lokasi tersebut mengandung lebih sedikit bebatuan dan tidak banyak angin kencang yang berpotensi untuk menjatuhkan InSight saat mendarat. InSight membawa seperangkat peralatan sensitif yang membutuhkan pendarat stasioner yang dengan hati-hati bisa ditempatkan di atas dan di bawah permukaan Mars. Oleh sebab itu NASA memilih Elysium Platina sebagai tempat untuk beroperasi.

Pesawat buatan NASA ini mendarat di Mars sekitar pukul 12.00 hingga 15.00 waktu Pasifik Timur. InSight diperkirakan membutuhkan waktu enam menit untuk memasuki atmosfer Mars, membuka parasut untuk mengurangi ketinggian, hingga akhirnya mendarat di planet terdekat dari bumi itu. Sepanjang enam menit ini InSight akan mengurangi kecepatannya dari 19.300 km/jam menjadi hanya 8 km/jam ketika mendarat.

Jika berhasil, Insight merupakan pesawat buatan manusia ke delapan yang berhasil mendarat di Mars. Ilmuan berharap dengan berhasilnya pesawat InSight mendarat di Mars, kita bisa mengetahui lebih dalam tentang bagaimana gas, debu dan panas bergabung dan membentuk diri menjadi planet. Nantinya hasil penelitian ini akan mengungkapkan seberapa jauh perbedaan antara kerak, matel dan inti Bumi dengan Mars.

Wah, jadi penasaran ya apa hasilnya teman-teman SUKITA ID? Semoga saja NASA berhasil mendaratkan pesawat Insight di Mars!

Sumber: Voaindonesia.com dan Liputan6.com

#SUpayaKItaTAhu
#InSightNASAAkanMendaratDiMars
#Terkini

Tags: Insight, Mars, NASA, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares