Lalu Muhammad Zohri Jadi Pelari U-20 Tercepat Dunia, Apa Hadiahnya?

hadiah Lalu muhammad Zohri

Lalu Muhammad Zohri baru saja menyabet medali emas perlombaan lari  cepat 100 meter IAAF (Kejuaraan atletik dunia) di Finlandia, pada Rabu (12/07/2018). Atlet asal Nusa Tenggara Barat ini berhasil mengungguli dua lawan asal Amerika dan sampai ke garis finish dalam waktu 10.18 detik. Kemenangan Zohri di IAAF merupakan kali pertamanya Indonesia berhasil memenangkan medali emas di IAAF. Tim resmi dari Indonesia sampai tidak membawa bendera Indonesia untuk dipakai saat perayaan kemenangan karena tidak menyangka akan Zohri berhasil merebut gelar pelari U-20 tercepat dunia.

Keberhasilan tak terduga Lalu Muhammad Zohri membuat banyak pihak ingin memberikan apresiasi lebih bagi atlet 18 tahun ini. Selain hadiah juara satu dari IAAF, Zohri akan mendapatkan 4 hadiah lainnya, yaitu:
1. Jokowi: Renovasi rumah di NTB
Lalu muhammad Zohri
(Foto: tribunnews.com)

Zohri sudah yatim piatu sejak masih remaja. Ibunya, Saeriah, meninggal tahun 2015 sementara ayahnya, Ahmad Yani, meninggal Agustus 2017 lalu. Saat ini Zohri tinggal di rumah sederhana di NTB bersama kakak-kakaknya. Rumah lalu berlantai semen, berdinding kayu dan anyaman bambu. Rumah ini tampak tua dan lapuk. Menurut kakak Zohri, Fazilla, rumah ini belum pernah direnovasi dan masih sama sejak Zohri masih SMP. Kakaknya juga berkata bahwa Zohri selalu berjanji akan memperbaiki rumah jika nanti sudah sukses.

Mendengar kabar bahwa Pelari U-18 tercepat di dunia ini belum cukup terapresiasi dan masih tinggal di rumah tua, ada banyak pihak yang menawarkan untuk merenovasi rumah Zohri. Salah satunya adalah Presiden Jokowi. Hari ini ia memberikan pengumuman bahwa pemerintah memperbaiki rumah peninggalan orang tua Zohri sebagai tanda apresiasi Indonesia atas prestasinya.

“Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” kata Jokowi seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

2. DPD REI NTB: Sebuah rumah baru
hadiah Lalu muhammad Zohri
(Foto: capitaldf.com)

Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) berjanji akan memberikan hadiah rumah baru kepada Zohri di NTB. Ternyata hadiah ini tak ada hubungannya dengan kondisi rumah Zohri. Sudah tradisi REI untuk memberikan hadiah rumah baru sebagai bentuk apresiasi pada atlet-atlet Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Pemain bulu tangkis juga pernah mendapatkan hadiah yang sama dengan Zohri.

3. Kemempora: Beasiswa pendidikan
hadiah Lalu muhammad Zohri
(Foto: setf.com)

Kemenpora tak hanya memperhatikan prestasi atlet di bidang olahraga, mereka juga yakin atlet perlu mendapatkan pendidikan yang baik. Saat ini usia Zohri baru mencapai 18 tahun dan akan memasuki usia untuk berkuliah. Kemenpora berjanji akan membiayai Zohri untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi jika Zohri ingin berkuliah.

4. Pemprov NTB: Modal usaha
hadiah Lalu muhammad Zohri
(Foto: bisnisukm.com)

Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan akan memberikan modal bagi usaha yang ingin dilakukan Zohri. Atlet di masa tua sering dilupakan dan hidup dalam kemiskinan, untuk itu TGB berjanji akan membantu atlet NTB ini untuk membangun usaha untuk modalnya di di masa depan. TGB juga berkata sedang mempertimbangkan mengangkat Zohri untuk menjadi PNS sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya.

Meskipun sudah mendapatkan banyak hadiah dari pemerintah, saat ini Zohri masih fokus untuk berprestasi. Atlet lari ini akan ikut Asian Games 2018 yang akan dimulai tanggal 18 Agustus nanti. Ia berharap bisa mengulangi prestasinya di ajang olahraga terbesar di Asia ini. Ia akan berperan menjadi satu dari empat pelari lomba estafet di Asian Games. Semoga berhasil ya Lalu Muhammad Zohri!

Sumber: Tribunnews.comAntaranews.comtribunnews.com dan Detik.com

#SUpayaKItaTAhu
#HadiahLaluMuhammadZohri
#Terkini

Tags: IGAAF, Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, Pelari, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares