Gunung Meletus dan Gempa, Ring of Fire Sedang Aktif?

Ring of Fire sedang aktif

Apakah teman-teman SUKITA ID merasakan efek gempa seminggu terakhir ini? Hari ini, hari Selasa (23/1/2018) dan hari Rabu (24/1/2018) Indonesia diguncang tiga gempa di daerah yang sama. Tidak hanya Indonesia, hari Selasa (23/1/2018) Alaska juga diguncang gempa 7,9 skala Ritcher yang sempat menimbulkan peringatan tsunami. Selain itu gunung Mayon di Filipina dan gunung Kusatsu-Shiranne di Jepang juga sedang aktif dan mengeluarkan batuan dari kawah.

Ini menimbulkan pertanyaan, apakah ring of fire sedang aktif?

Aktifitas ring of fire seminggu terakhir ini juga menjadi perhatian United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR). Mereka menciutkan tentang kekhawatiran mereka tentang ring of fire yang sedang aktif.

Namun dari menurut Profesor Chris Elders, seorang pakar geologi asal Australia, ring of fire memang sedang aktif tapi ini bukanlah hal yang luar biasa. Dilansir dari BBC, Prof. Chris mengatakan bahwa aktifitas ring of fire ini masih normal. Meskipun ada beberapa kejadian alam dalam waktu berdekatan di tempat yang berbeda, ini bukan pertanda akan ada aktifitas berbahaya dari ring of fire.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Dr. Janjin Krippner asal Amerika. Ia menyerukan bahwa apa yang terjadi belakang ini masih normal. Sebenarnya tanpa kita sadari setiap hari ring of fire sedang aktif. Setiap hari lempeng dan gunung berapi selalu aktif dan terus menerus bergerak sehingga menimbulkan gempa dan pergolakan dari dalam bumi.

Kekhawatiran mengenai letusan gunung berapi yang semakin meningkat dari warganet juga disanggah. Menurut data dari Global Volcanism Program (GVP) juga tidak ada peningkatan signifikan tentang keaktifan gunung berapi. Hanya saja sekarang kita memiliki banyak satelit yang bisa menangkap foto erupsi sehingga warganet bisa melihat semua beritanya dari internet.

Kesimpulannya,  aktivitas ring of fire tidak meningkat namun kesadaran warganet terhadap ring of fire sedang aktif yang sedang meningkat.

Wah, ternyata aktivitas fing of fire masih normal nih teman-teman SUKITA ID. Kita bisa menghela napas lega dan tidak terpengaruh dengan berita-berita seram tentang perkiraan bencana-bencana yang akan datang lagi. Tapi kita harus tetap waspada ya terhadap aktivitas ring of fire akhir-akhir ini. Selalu update dengan berita terbaru dan cari tahu cara selamat saat gempa sedang terjadi ya!

Sumber: bbc.com

#SUpayaKItaTAhu
#GunungMeletusDanGempaRingOfFireAktif
#Terkini

Tags: Bencana Alam, Gempa, Gunung Meletus, Ring of Fire, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares