Demi Temui Messi, Clifin Francis Bersepeda dari India ke Rusia

Clifin Francis

Sebagai pencinta bola, Clifin Francis dari India ingin sekali menyaksikan Piala Dunia secara langsung di Rusia. Apalagi Lionel Messi yang ia idolakan akan merumput di ajang pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini untuk membela Argentina. Guru freelance itu sangat bersemangat untuk pergi ke Rusia meskipun tidak punya penghasilan tetap. Iapun memutar otak untuk mencari cara pergi ke Rusia dengan biaya rendah. Clifin Francis memutuskan untuk bersepeda dari India ke Rusia.

Keputusannya untuk pergi ke Rusia dengan sepeda ini tidaklah tiba-tiba. Ia mendapatkan ide tersebut pada saat berbicara dengann teman-temannya bulan Agustus 2017 dan baru benar-benar melaksanakannya 23 Februari 2018. Bagi Clifin, menggunakan sepeda sebagai alat trasportasi adalah cara terbaik bagi dirinya yang tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke Rusia dan menetap disana selama satu bulan. Apalagi, guru matematikan ini juga suka bersepeda.

“Aku suka bersepeda dan gila sepak bola. Aku hanya menggabungkan dua hal yang aku sukai,” kata Clifin kepada BBC.

Clifin Francis memulai perjalanannya dari rumahnya di bagian utara India ke Dubai lalu naik kapal ke Iran untuk menghemat uang. Dari Iran, Clifin masih harus menempuk jarak 4.200 km lagi untuk ke Rusia.

Perjalanan Clifin Francis dari India ke Rusia dengan sepeda membuatnya menemukan banyak hal baru
Clifin Francis
(Foto: timesofindia.indiatimes.com)

Ada banyak cerita yang menarik sepanjang perjalanan untuk menemui idolanya. Clifin hanya punya uang 10 dollar untuk digunakan dalam sehari. Itu sebabnya selama 45 hari di Iran, pria berkewarganegaraan India ini hanya bisa tidur 2 hari di hotel. Pada malam-malam lain, Clifin mendapatkan bantuan dari warga setempat.

Pria 28 tahun itu mengaku kaget dengan keramahan warga Iran. Sepanjang perjalanan, ia disambut seperti keluarga, diberikan tempat untuk makan dan beristirahat. Hal ini membuat Clifin sadar bahwa ia tidak bisa menilai penduduk suatu negara hanya dari stereotipenya geopolitikanya saja. Keramahan warga Iran membuat Clifin sangat terharu sampai ia berjanji akan mendukung timnas Iran di Piala Dunia.

Clifin Francis
(Foto: bbc.com)

Cerita menarik lainnya adalah saat ia berada di perbatasan Azerbaijan. Bersepeda tanpa henti membuat Clifin kehilangan berat badan. Wajahnya tak sama lagi dengan wajah yang ada di foto passportnya. Ia sempat di tahan oleh petugas perbatasan selama 8 jam sebelum akhirnya bisa kembali bersepeda ke Rusia. Clifin juga pernah ditolak oleh petugas perbatasan Georgia meskipun sudah memiliki dokumen lengkap hingga akhirnya terdampat di wilayah tanpa penghuni selama sehari.  Sepanjang perjalanan Clifin juga banyak bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan yang sama-sama suka bersepeda dan Piala Dunia.

Saat ini Clifin Francis sudah mencapai kota Tambov yang berjarak 460 km dari Moskow utara. Pria itu harus mencapai Rusia sebelum tanggal 26 untuk menonton pertandingan Perancis vs Denmark.

“Hanya itu tiket yang bisa kudapatkan. Meskipun begitu, aku tetap mendukung Argentina dan Messi adalah pemain favoritku. Aku memujanya. Mimpiku adalah untuk bertemu dengan dia (Messi) dan memintanya untuk menandatangani sepedaku.”

Selain untuk bertemu dengan idolanya, perjalanan Clifin ke Rusia juga membawa dua pesan lainnya. Ia ingin menginspirasi rakyat India untuk terus menyukai bola hingga masuk Piala Dunia dan mengingatkan orang terhadap asiknya naik sepeda.

Wah, keren juga ya usaha Clifin untuk bisa bertemu dengan idolanya dengan menggungakan sepeda. Kalau teman-teman SUKITA ID, hal tersulit apa yang pernah kamu lakukan untuk bertemu dengan idola atau menonton acara kesayanganmu?

Sumber: BBC.com

#SUpayaKItaTAhu
#DemiTemuiMessiClifinFrancisBersepedaDariIndiaKeRusia
#Terkini

Tags: Clifin Fancis, Lionel Messi, Piala Dunia 2018, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares