Cari Kerja? Ayo Pakai Media Sosialmu!

Cari Kerja Pakai Media Sosial

Apakah teman-teman SUKITA ID sedang mencari pekerjaan tapi bingung dimana cara mencari lowongan yang tepat? Ternyata di zaman now cari kerja pakai media sosial bisa dilakukan asal kamu mengikuti 5 cari ini. Ini dia 5 cara pintar menggunakan media sosial untuk mencari kerja!

1. Ketahui media sosial yang tepat
Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: riobermano.com)

Saat ini sudah tidak asing lagi menggunakan sosial media bagi HRD untuk mencari kandidat baru. Kamu bisa masuk ke grup pencarian kerja di Twitter, Facebook, Google+. Selain itu sudah ada banyak situs yang memang khusus untuk mencari kerja seperti Jobstreet.co.id, LinkedIn, Kalibrr, Jobs.ID dan seterusnya. Daftarnya gratis loh, langsung daftar saja ya.

2. Perluas jangkauanmu
Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: urbanproof.eu)

Memiliki akun media sosial saja tidak cukup, kamu harus punya jaringan yang kuat. Coba tanyakan pada teman-temanmu yang sudah bekerja nama-nama HRD perusahaan mereka di media sosial lalu coba add mereka. Dengan memperluas jaringanmu, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dari sosial media akan lebih tinggi.

3. Gunakan cara yang benar
Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: wisestamp.com)

Saat mencari kerja jangan lupa gunakan bahasa sopan dan sesuai kaidah bahasa yang benar. Kamu memang melamar ini dari media sosial tapi bukan ini bukan berarti kamu bisa pakai bahasa santai seperti saat sedang chatting dengan temanmu. Jangan lupa juga untuk mengecek kembali apakah kamu sudah melampirkan CV saat mengirimkan lamaran. Kalau kamu lupa, tak perduli sebaik apapun kualifikasimu, kamu pasti gagal.

4. Rapikan CVmu
Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: thebalance.com)

CV yang kamu kirimkan ke calon perusahaanmu tidak perlu sampai berlembar-lembar, yang penting CVmu mencangkup semua kelebihan, kemampuanmu dan tujuanmu. Masukan semua pengalamanmu yang berhubungan dengan jobdesk yang kamu lamar dan sertifikasi yang kamu punya di CV dengan rapi, padat dan jelas.

5. Buat mereka menginginkanmu
Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: creativemarket com)

Berikan contoh pekerjaan yang pernah kamu lakukan dalam kumpulan portfolio. Ini sangat penting untuk menunjukan  kelebihan-kelebihanmu  pada HRD. Dengan begitu mereka bisa menilai kemampuanmu dan tertarik untuk memanggilmu. Punya portofolio yang baik juga penting saat mau nego gaji. Pasti perusaahan juga akan berusaha menyesuaikan kemampuanmu dengan gaji bukan?

Cari Kerja Pakai Media Sosial
(Foto: pinterest.com/PamelaGinderusa/)

Sekarang teman-teman SUKITA ID sudah tahu kan cara cari kerja pakai media sosial? Selamat berjuang menyebar CV ya! Good luck!

Sumber: pinterest.com/PamelaGinderusa/

#SUpayaKItaTAhu
# CariKerjaPakaiMediaSosialmu

Tags: Pekerjaan, Sosial Media, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share