Biografi dan Fakta Unik Soekarno, Presiden Indonesia Pertama

Biografi dan Fakta Unik Soekarno

Jika kita membicarkan tentang proklamasi, kita pasti mengingat nama Seokarno dan Hatta. Kedua tokoh besar dalam kemerdekaan Indonesia ini adalah presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Soekarno adalah pemimpin pertama sekaligus pemimpin Indonesia yang paling banyak mengalami goncangan dari dalam dan luar negeri.

Kemerdekaan Indonesia yang kini kita nikmati tak lepas dari perjuangan Soekarno dalam masa perjuangan kemerdekaan serta tahun-tahun awal NKRI berdiri. Kali ini SUKITA ID akan membagikan biografi dan fakta unik Soekarno, presiden pertama Indonesia.
Profil singkat Soekarno
  • Nama Lengkap : Dr. Ir. H. Soekarno
  • Nama Kecil : Koesno Sosrodihardjo
  • Nama Panggilan : Bung Karno, Soekarno, Pak Karno
  • Lahir : Surabaya, 6 Juni 1901
  • Wafat : Jakarta, 21 Juni 1970
  • Orang Tua : Soekemi Sosrodihardjo (Ayah), Ida Ayu Nyoman Rai (Ibu),
  • Istri : Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manopo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar
  • Anak : Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan Soekarnoputra, Karina Kartika Sari Dewi Soekarno, Ayu Gembirowati

Riwayat Pendidikan:

  • Pendidikan Sekolah Dasar di Eerste Inlande School (EIS), Mojokerto
  • Pendidikan Sekolah Dasar di Europeesche Lagere (ELS), Mojokerto (1911)
  • Hoogere Burger School (HBS), Surabaya (1911-1915)
  • Technische Hoge School, Bandung (1920)

Beberapa penghargaan yang pernah diterima:

  • Gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas dari dalam dan luar negeri, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Colombia University (Amerika Serikat), Lomonosov University (Rusia), Berlin University (Jerman) dan lain-lain.
  • Penghargaan bintang kelas satu dari The Order of the Supreme Companions of OR Tambo, Afrika Selatan (2005)
  • Bintang Mahaputera Adipurna (1959)
  • Lenin Peace Prize (1960)
  • Philippine Legion of Honor (Chief Commander, 3 Februari 1951)
Biografi dan Fakta Unik Soekarno
(Foto: destinasian.co.id)
Fakta unik Soekarno:
  1. Ibu Soekarno adalah bangsawan Bali. Kedua orangtuanya bertemu di Bali saat ayahnya bekerja sebagai guru disana.
  2. Beliau memiliki seorang saudara perempuan bernama Soekarmini.
  3. Semasa kecil Soekarno tidak tinggal bersama ayah dan ibunya di Blitas. Ia menetap di rumah kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Setelah sekolah beberapa tahun di rumah kakeknya, Soekarno akhirnya ikut orangtuanya dan bersekolah di Mojokerto.
  4. Soekarno dipilih sebagai presiden pertama Indonesia setelah sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Ia menduduki kursi kepemimpinan sampai tanggal 12 Maret 1967.
  5. Selama 22 tahun memimpin, Soekarno pernah merasakan 24 kali pergantian kabinet dan perubahan bentuk negara dari demokrasi menjadi negara serikat.
  6. Sepanjang hidupnya, Soekarno diketahui telah menikah 9 kali. Satu-satunya istri Soekarno yang masih hidup adalah Ratna Sari Dewi, seorang wanita Jepang yang bernama asli Naoko Nemoto, yang Soekarno nikahi tahun 1962.
  7. Sepanjang masa kepemimpinannya selama 22 tahun,
  8. Soekarno menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta. Meskipun meninggal di Jakarta, Soekarno dikembumikan di dekat makan ibunya di Blitas, Jawa Timur.
  9. “Jas Merah” (Jangan sekali-kali melupakan sejarah) adalah salah satu kutipan Soekarno yang paling terkenal.
  10. Presiden Soekarno adalah seorang orator handal yang dikenal berkat pidato-pidatonya yang membakar semangat warga Indonesia.
  11. Beliau mendapatkan gelar sebagai pahlawan proklamasi berkat jasa-jasanya saat memimpin Indonesia menuju kemerdekaan.
  12. Madame Tussauds di Thailand membuat patung lilin Soekarno. Patung lilin Soekarno yang diresmikan 24 September 2012 merupakan tokoh Indonesia pertama yang diabadikan oleh Madame Tussauds.

Sumber: Biografiku.com, Notepam.com

#SUpayaKItaTAhu
#BiografiDanFaktaUnikSoekarnoPresidenPertamaIndonesia
#Tokoh

Tags: Indonesia, Presiden, Soekarno, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares