Mengapa Kita Perlu Berkumpul Bersama Keluarga Saat Lebaran?

Berkumpul Bersama Keluarga Saat Lebaran

Menurut teman-teman SUKITA ID, sepenting apakah berkumpul bersama keluarga saat lebaran? Di Indonesia, pemerintah biasanya membagikan seminggu waktu cuti bersama supaya umat muslim bisa mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung. Namun persiapan untuk mudik itu tidaklah mudah. Kita harus membeli tiket dan packing untuk perjalanan jauh atau membersihkan rumah dan jadi tuan rumah yang baik untuk saudara yang datang. Proses mudik yang panjang dan tinggal di rumah yang penuh sesak bisa membuat orang lelah dan memutuskan untuk tidak pulang kampung.

Mudik memang bukan kewajiban tapi rasanya hari Lebaran belum lengkap jika tidak bertemu dengan keluarga. Setidaknya ada 5 alasan mengapa kita perlu berkumpul bersama keluarga saat lebaran:
1. Tali silahturahmi perlu dijaga

Darah mungkin lebih kental dibandingkan air, tapi ini bukan berarti rasa persaudaraan akan selalu ada. Rasa persaudaraan dan kasih sayang antar keluarga hanya akan ada jika kita sering menghabiskan waktu bersama. Jika kita tidak pernah bersilaturahmi dengan saudara jauh, kita tidak akan mengenal mereka secara personal dan hanya menganggap mereka sebagai orang asing. Kumpul keluarga di hari Lebaran adalah saat yang tepat untuk meminta maaf atas kesalahan di masa lalu dan memperbaiki hubungan persaudaraan yang sempat retak.

2. Tidak ada yang bisa mengalahkan pertemuan langsung

Teknologi yang canggih memang membuat kita semakin mudah berkomunikasi dengan siapapun, termasuk kerabat kita yang tinggal berjauhan. Chat, telepon, video call mungkin terasa cukup untuk mengobati rasa rindu. Namun itu semua belum apa-apa jika dibandingkan dengan pertemuan secara langsung. Melihat mereka tersenyum, berbicara dan memelukmu akan terasa lebih mengena dibandingkan komunikasi tidak langsung.

3. Mengingat kembali memori masa kecil

Bertemu dengan keluarga berarti bertemu dengan seseorang yang sudah ada dalam hidupmu sejak kamu masih kecil. Pertemuanmu dengan keluarga di hari raya akan memberikan kalian banyak kesempatan untuk nostalgia dan membicarakan kejadian-kejadian di masa lalu yang mungkin sudah kamu lupa. Selain itu, berkumpul bersama di hari raya biasanya akan membuat orang tua, om dan tante serta kakek dan nenek mengingat masa lalu mereka sendiri. Kamu bisa mempelajari banyak hal menarik dari pengalaman keluargamu.

4. Mengingat bagaimana kamu bisa sampai ke titik ini

Saat bertemu dengan keluarga, kamu juga akan mengingat kembali dimana kamu berasal. Kamu mungkin sekarang sedang dalam puncak kebahagian atau malah sedang bosan dengan hidupmu. Bertemu dengan kaluarga akan mengingatkanmu tentang kejadian-kejadian di masa lalu yang membuatmu menjadi orang yang seperti sekarang. Kamu akan terkenang kembali masa-masa perjuangan di masa lalu yang telah terlupa karena sibuknya kegiata setiap hari. Berkumpul bersama keluarga saat  lebaran adalah kesempatan yang baik untuk refleksi diri sambil bersenang-senang.

5. Kalau bukan lebaran, kapan lagi?

Lebaran hanya datang sekali setahun, itu artinya kita punya waktu setidaknya seminggu selama setahun khusus bebas dari semua kegiatan sehari-hari untuk bersilaturahmi dengan keluarga besarmu. Lebaran mungkin akan datang lagi tahun depan namun tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa jadi lebaran tahun ini adalah lebaran terakhir dimana kita bisa bertemu dengan keluarga besar. Apa kamu rela menyia-nyiakan kesempatan sebesar ini hanya karena malas?

Nah, itu dia 5 alasan penting mengapa kamu harus pulang saat Lebaran. Jangan hanya mengingat repotnya mudik atau rumah yang berantakan saat sedang kumpul keluarga ya, ada banyak sekali hal yang bisa kamu dapat jika kamu berkumpul dengan keluargamu.

Selamat merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah teman-teman SUKITA ID!

#SUpayaKItaTAhu
#MengapaKitaPerluBerkumpulBersamaKeluargaSaatLebaran
#Hubungan

Tags: Kumpul Keluarga, Mudik, Silaturahmi, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares