Pertama Kalinya Bahasa Indonesia Digunakan di Sidang Parlemen Inggris

Bahasa Indonesia Digunakan di Sidang Parlemen Inggris

Ada hal unik yang terjadi di Sidang Parlemen Inggris hari Rabu (10/10) kemarin. Untuk pertama kalinya Bahasa Indonesia digunakan di Sidang Parlemen Inggris. Richard Graham, seorang anggota parlemen Gloucester, menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan pendapatnya tentang bencana yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Richard Graham merupakan penasehat khusus Perdana Menteri Inggris Bidang Perdagangan dengan ASEAN dan Indonesia. Richard sedang menanyakan respon pemerintahan Inggris dalam membantu Indonesia melewati bencana gempa dan tsunami ini.

Pendapat dan pertanyaan itu ditujukannya kepada Perdana Menteri Inggris, Theresa May yang hadir dalam sidang parlemen. Beginilah video Richard pada saat mengucapkan Bahasa Indonesia.

“Teman yang membantu saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya. A friend in need is a friend inded,” kata Richard Graham.

Perdana Menteri Theresa May merespon pendapat Richard Graham secara positif. Dia berjanji untuk berupaya mendukung dan membantu korban bencana di Palu dan Donggala.

Saat ini Pemerintah Inggris telah memberi bantuan kepada Indonesia sebesar 60 miliar rupiah. Sedangkan bantuan dari warga Inggris telah terkumpul sebesar 156 miliar rupiah lebih. Namun hingga saat ini penduduk Sulawesi Tengah masih membutuhkan banyak bantuan untuk memulihkan kondisi korban dan lingkungan hidup mereka.

Meskipun Richard Graham hanya menggunakan sebaris kalimat bahasa Indonesia digunakan di Sidang Parlemen Inggris, video ini viral di media sosial. Video ini juga dibagikan oleh Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Triawan mengapresiasi niat Richard Graham dan Pemerintah Inggris untuk membantu Indonesia menghadapi bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Sumber video: @kompastv. Sumber berita: Sindonews.com.

#SUpayaKItaTAhu
#AnggotaParlemenInggrisGunakanBahasaIndonesia
#Terkini

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share