Aransemen Lagu Indonesia Raya, Boleh atau Tidak? Begini Komentar Kemendikbud

Aransemen lagu Indonesia Raya

Apakah teman-teman SUKITA ID sudah mendengar cover Indonesia Raya karya produser AlffyRev ft Misellia Ikwan? Jumat (17/8) tepat pada hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73, produser musik yang bernama Awwalur Rizqi Al-firori ini mengunggah video aransemen lagu Indonesia Raya.

Video ini diawali dengan Misellia berdiri di tepi pantai dan menyanyikan lagu Indonesia. Lagu Kebangsaan Indonesia yang biasanya dinyanyikan dengan semangat berubah menjadi sangat lembut oleh penyanyi tersebut. Alffy juga memberikan sentuhan musik sentuhan tradisional dengan penggunaan angklung dan gendang serta sentuhan musik EDM sebagai musik pengiring lagu.

Video aransemen lagu Indonesia Raya ini segera menjadi viral. Meskipun tak sedikit warganet yang mengapresiasi cara AlffyRev dan Misellia Ikwan untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia dengan cara mereka sendiri, ada pula yang mengingatkan Alffy bahwa lagu Indonesia Raya tak seharusnya digubah oleh siapapun. Apalagi mengingat Alffy lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu Satu Nusa, Satu Bangsa dan ditutup dengan lirik dari lagu Indonesia Raya

Apa tanggapan Kemendikbud atas aransemen lagu Indonesia Raya karya Alffy?

Menanggapi video aransemen lagu Indonesia Raya ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy turut bicara. Ia menyampaikan ketidaksetujuannya pada penggubahan lagu Kebangsaan Indonesia .

“Menurut saya khusus lagu kebangsaan Indonesia Raya mestinya baik lirik maupun aransemennya tidak boleh diubah-ubah. Termasuk dicuplik sebagian untuk melengkapi sebuah lagu yang baru,” kata Muhadjir yang dikutip dari Detik.com, Senin (20/8/2018) malam.

Perkataan Muhaji Effendy ini merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 64 yang mengatur mengenai cara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pasal ini berbunyi:

  1. Mengubah Lagu Kebangsaan dengan nada, irama, kata kata, dan gubahan lain dengan maksud untuk menghina atau merendahkan kehormatan Lagu Kebangsaan;
  2. Memperdengarkan, menyanyikan, ataupun menyebarluaskan hasil ubahan Lagu Kebangsaan dengan maksud untuk tujuan komersial; atau
  3. Menggunakan Lagu Kebangsaan untuk iklan dengan maksud untuk tujuan komersial.

Pada disclaimer Alffy Rev di videonya, pria itu telah menyatakan bahwa tidak ada tujuan komersil dari cover lagu Indonesia Raya. Sehingga ia tak melanggar UU RI No. 24 tahun 2009 pasal 64 ayat 2 dan 3.

“Seluruh produksi dalam karya ini tidak mengandung komersialitas apa pun, diproduksi dengan biaya pribadi semampunya. Ini hanyalah sebuah dedikasi pemuda negeri yang ingin menyampaikan kembali makna dan pesan berharga dari lagu kebangsaan sekaligus lagu kebanggaan kita bersama. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73,” tulis Alffy Rev.

Sementara itu Staf Ahli Kemendikbud Chatarina Girsang menambahkan bahwa jika ada orang yang aransemen lagu Indonesia Raya, perlu dilihat niat produser saat melakukan itu. Apakah ada niat untuk merendahkan kesucian lagu Indonesia Raya atau tidak. Chatarina mengatakan niat tersebut bisa dilihat dari sikap, tempat dan cara menyanyikannya.

“Jadi respon yang mendengarkannya, pasti akan sama. Atau sikap menyanyikannya, misalkan apa sambil bergaya tidak sopan. Hal-hal yang common sense dan dirasakan sama oleh mereka yang melihatnya,” ucapnya.

Chatarina juga berkata aransemen lagu Indonesia Raya ini tak terjadi untuk pertama kalinya. Ia pernah mendengar personil Gun and Roses mengaransemen lagu nasional Indonesia sebelumnya pada tahun 2016.

Mengenai aransemen lagu Indonesia Raya oleh Alffy patut dilaporkan atau tidak, Chatarina mengambahkan bahwa Kemendikbud akan mengambil tindakan jika ada respon negatif dari masyarakat. “Biasanya jika ada respon masyarakat yang negatif (Kemendikbud akan mengambil tindakan),” ujarnya lagi.

#SUpayaKItaTAhu
#AransemenIndonesiaRayaBolehAtauTidakBeginiKomentarKemendikbud
#Terkini

Tags: AlffyRev, Indonesia Raya, Misellia Ikwan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares