Apa Saja Bonus untuk Atlet Indonesia yang Berprestasi di Asian Games 2018?

Bonus untuk Atlet

Prestasi atlet Indonesia di Asian Games kini sedang mencapai puncaknya. Sudah ada 24 medali emas yang berhasil diraih oleh Atlet Indonesia hingga hari ke-10 (28/8) pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Jumlah medali emas inipun telah melampaui target 16 medali emas Asian Games 2018 yang ingin diraih Indonesia. Inipun baru perolehan medali emas, atlet Indonesia juga sudah meraih 18 medali perak dan 28 medali perunggu. Satu pertanyaan mungkin muncul di pikiran teman-teman SUKITA ID, apa saja bonus untuk atlet Indonesia yang berprestasi di Asian Games 2018?

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, telah menjanjikan bonus untuk atlet yang berhasil membawa pulang medali di Asian Games 2018. Bonus tersebut merupakan apresiasi dari pemerintah pusat, bentuk bonusnya pun bermacam-macam. Selain itu, ada juga bonus dari pemerinta provinsi asal para atlet.

Apa saja bonus untuk atlet Indonesia yang berpretasi di Asian Games 2018?
1. Bonus uang hingga 1,5 milyar

Pemerintah telah menyiapkan bonus berupa uang kepada peraih medali emas, medali perak dan medali perunggu. Untuk atlet berprestasi yang meraih medali emas, Imam menyebutkan jumlah bonusnya bisa mencapai 1,5 milyar tergantung dari cabang olahraga dan kategorinya.

“Soal bonus, pemerintah sudah menyiapkan, menganggarkan dan mendata, bahwa satu keping medali emas bagi individu Rp 1,5 miliar. Untuk ganda, masing-masing Rp 1 miliar. Bagi tim, masing-masing Rp 800-900 juta,” kata Imam Nahrawi di MPC Asian Games 2018, JCC, Jakarta Pusat, Senin (27/8).

Selain atlet, tim pelatih juga ikut mendapatkan bonus atas kontribusi mereka untuk mendukung atlet Indonesia menang di Asian Games 2018. Besaran bonus untuk tim pelatih, peraih medali perak dan medali perunggu masih dikalkulasi.

2. Rumah

Sama seperti Lalu Muhammad Zohri dan atlet Indonesia yang berprestasi di tingkat internasional lainnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) yang akan memberikan rumah untuk para atlet. Nanti para atlet berprestasi bisa memilih sendiri lokasi rumah yang akan diberikan oleh KPUPR.

3. Diangkat jadi PNS

Pemerintah berniat untuk mengangkat atlet menjadi PNS untuk menjamin masa depan atlet setelah pensiun dari dunia olahraga. Pengangkatan PNS inipun terbatas. Imam Nahrawi telah memastikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bahwa atlet yang diangkat menjadi PNS akan ditempatkan di Kemenpora.

“Kami sudah berkoordianasi dengan Menpan RB bahwa sebelumnya hanya peraih medali emas dan perak saja yang diangkat jadi PNS, tapi sekarang medali perunggu juga. Penempatannya tentu di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Apakah mereka nanti ditempatkan sebagai fungsional atau pelatih, tentu akan kami sesuaikan,” ujar Imam lagi.

4. Bonus uang dari pemerintah provinsi

Selain dari permerintah pusat, atlet juga akan mendapatkan bonus uang dari pemerintahan provinsi. Contohnya saja Jonathan Christie, atlet peraih medali emas dari cabang bulu tanggis tunggal putra, yang merupakan penduduk DKI Jakarta. Jonathan telah dijanjikan bonus 300 juta rupiah oleh Pemprov DKI Jakarta. Atlet DKI Jakarta yang meraih medali perak akan mendapatkan 15o juta sementara peraih medali perunggu akan mendapatkan 90 juta. Jumlah bonus untuk atlet dari pemerintah provinsi ini jumlahnya bervariasi sesuai dengan kebijakan provinsi masing-masing atlet.

5. Sponsor dari perusahaan swasta dan tokoh masyarakat

Selain dari pemerintah, masyarakat umum juga ikut mengapresiasi prestasi atlet di Asian Games 2018. Menpora mengatakan bahwa sebuah perusaaan minuman berenergi ikut memberikan bonus berupa emas 100 gram bagi atlet peraih medali emas. Ada juga perusahaan yang memberikan jaminan asuransi untuk para atlet.

Nah, itu dia bonus untuk atlet Indonesia yang berprestasi di Asian Games 2018. Semoga dengan ini atlet Indonesia semakin semangat lagi ya mengumandangkan lagu Indonesia Raya di perhelatan olahraga internasional.

Sumber: Detik.com, Tribunnews.com dan Kompas.com

#SUpayaKItaTAhu
#ApaSajaBonusUntukAtletIndonesiaYangBerprestasiDiAsianGames2018
#Terkini

Tags: Asian Games 2018, Atlet Indonesia, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares